Pesantren Al Kasyaf Bandung, Bangun Ekonomi Umat Berbasis Zakat dan Wakaf

Pesantren Al Kasyaf Cibiru Bandung telah lama dikenal sebagai pusat pendidikan agama yang prestisius.

12 Sep 2023 - 10:53
Pesantren Al Kasyaf Bandung, Bangun Ekonomi Umat Berbasis Zakat dan Wakaf
Salah satu sudut Pesantren Yatim Al Kasyaf Cibiru Bandung, digunakan untuk pabrik tempe

Bandung, (afederasi.com) - Pesantren Al Kasyaf Cibiru Bandung telah lama dikenal sebagai pusat pendidikan agama yang prestisius. Namun, pesantren ini juga terkenal karena berperan aktif dalam mengembangkan unit-unit usaha yang melibatkan masyarakat sekitar. Berbagai unit usaha seperti pabrikasi sabun, produksi tempe, coffee shop, bank sampah, hingga klinik kesehatan telah dibangun, menciptakan ekosistem ekonomi yang berbasis pada pengelolaan zakat dan wakaf.

Sebagai wujud komitmen mereka dalam memanfaatkan zakat dan wakaf sebagai modal dasar, Pengasuh Pesantren Al Kasyaf, Ustaz Geovani, menjelaskan, "Basis modal semua unit bisnis di pesantren kami yaitu pemberdayaan zakat dan wakaf." Beliau menyampaikan hal ini ketika menerima kunjungan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Waryono Abdul Ghafur, di Bandung pada Minggu (10/9/2023).

Pesantren Al Kasyaf juga telah mendapatkan bantuan berupa inkubasi wakaf produktif dari Kemenag, yang kemudian digunakan untuk mendirikan coffee shop. Bisnis ini dikelola oleh barista profesional yang juga merupakan santri Pesantren Al Kasyaf. Ustadz Geovani, yang merupakan alumni UIN Bandung, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kementerian Agama. Beliau berharap agar pesantren ini terus dapat memberikan manfaat bagi umat.

Di sisi lain, Waryono mengapresiasi produktivitas Pesantren Al-Kasyaf dalam mengelola unit bisnisnya. Menurutnya, pesantren ini dapat menjadi contoh bagus bagi Lembaga Amil Zakat (LAZ) lain dalam upaya pemberdayaan ekonomi umat. Hal ini juga sejalan dengan program prioritas Menteri Agama, yakni Kemandirian Pesantren. Selain itu, pesantren ini memiliki program Edutrip yang dapat diakses oleh siapa pun.

Waryono menyatakan, "Ini pesantren yang memiliki LAZ yang produktif. Ini bisa dijadikan role model bagi lembaga zakat lain dan juga pesantren lainnya untuk menguatkan kemandirian pesantren. Dengan program edutrip Pesantren Al Kasyaf ini, semua stakeholders bisa belajar langsung ke sini."

Program Edutrip merupakan paket wisata best practice yang memungkinkan pengunjung yang tertarik untuk belajar langsung mengenai proses produksi dan pengelolaan unit bisnis di pesantren ini. Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Kasubdit Pengamanan Aset Ditzawa Zainuri dan Kabid Zawa Kanwil Kemenag Jawa Barat, Ohan Burhan, yang turut mendukung upaya pemberdayaan ekonomi umat yang dilakukan oleh Pesantren Al Kasyaf Cibiru Bandung. (mg-3/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow