964 Mahasiswa Ikut Masayu, Rektor UHN: Ilmu Datangkan Kebijaksanaan

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa menggelar Mahasisya Upanayana (Masayu) bagi 964 Mahasiswa Baru tahun akademik 2023/2024.

12 Sep 2023 - 10:58
964 Mahasiswa Ikut Masayu, Rektor UHN: Ilmu Datangkan Kebijaksanaan
Mahasiswa Baru UHN saat melaksanakan Masayu (foto : Humas UHN)

Bangli, (afederasi.com) - Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa menggelar Mahasisya Upanayana (Masayu) bagi 964 Mahasiswa Baru tahun akademik 2023/2024. Acara ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 8 hingga 10 September 2023, dan resmi dibuka oleh Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana. Mengangkat tema besar, 'Vidya, Vinaya, Dadati', yang berarti Ilmu Pengetahuan memberikan Kebijaksanaan, acara ini bertujuan memberikan mahasiswa baru pengalaman awal yang mendalam dalam pendidikan tinggi.

Dalam sambutannya, Rektor I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan sambutan hangat kepada mahasiswa baru UHN IGB Sugriwa. "Selamat datang kepada Mahasiswa Baru UHN. Selamat bergabung di kampus kerukunan. Mari bersama-sama membangun kampus Hindu Negeri pertama di Indonesia ini," kata Rektor Sudiana, saat menyematkan nametag kepada mahasiswa baru di lapangan kampus Bangli pada Minggu (10/9/2023).

Rektor Sudiana juga menekankan pentingnya etika dan disiplin tinggi bagi seluruh mahasiswa UHN. "Saya berharap, seluruh mahasiswa UHN memiliki etika dan disiplin yang tinggi. Terapkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap lini kehidupan. Kebersamaan kita semua akan mampu mewujudkan kampus menuju World Class University," tambahnya.

Selain itu, I Gusti Ngurah Sudiana juga memberikan pesan agar mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan kampus. "Silahkan mengikuti kegiatan Masayu ini dengan baik dan santai. Masayu ini bertujuan untuk mendapat ilmu. Harapannya agar dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu," ujarnya.

Masayu tahun ini juga menampilkan tiga narasumber dari luar kampus yang memberikan wawasan berharga kepada mahasiswa baru. Pertama, dari Pemerintah Kabupaten Bangli, Wakil Bupati I Wayan Diar memberikan materi bertema 'Kebijakan Pemerintah Kabupaten Bangli dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia'.

Pemateri kedua datang dari Densus 88 dan membawakan materi yang relevan dengan keadaan saat ini, yakni 'Strategi Pencegahan Bahaya Radikalisme Kalangan Mahasiswa'. Dengan perkembangan zaman yang dinamis, penanganan bahaya radikalisme menjadi perhatian utama dalam lingkungan kampus.

Sementara itu, pemateri ketiga datang dari BNN Provinsi Bali, IGA Witarini Dwipayanti, yang membawakan materi dengan tema 'Pembentukan Karakter Bangsa dengan Mewujudkan Generasi Milenial Tanpa Narkoba'. Upaya mewujudkan generasi muda yang bebas dari narkoba menjadi salah satu fokus penting dalam pendidikan tinggi.

Tidak hanya narasumber eksternal, Masayu ini juga melibatkan narasumber internal, seperti Wakil Rektor, Para Kepala Biro, Ketua LPM, Ketua LPPM, Lab Bahasa, PTIPD, Perpustakaan, KMHDI, BEM, DPM, dan UKM yang ada di UHN Sugriwa. Semua pihak berkomitmen untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter mahasiswa UHN IGB Sugriwa untuk masa depan yang lebih baik. (mg-3/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow