MAN 2 Kota Malang Raih Perak dan Perunggu KSM-Myres 2023

Siswa-siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang telah kembali menunjukkan kehebatan mereka dalam dunia kompetisi.

08 Sep 2023 - 10:03
MAN 2 Kota Malang Raih Perak dan Perunggu KSM-Myres 2023
Tim KSM dan Myres MAN 2 Kota Malang

Kendari, (afederasi.com) - Siswa-siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang telah kembali menunjukkan kehebatan mereka dalam dunia kompetisi. Mereka berhasil mengukir prestasi gemilang dengan meraih satu medali perak dan dua medali perunggu pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara, mulai tanggal 3 hingga 6 September 2023. Selain para siswa, Kepala Kantor Kemenag Kota Malang, Ahmad Shampton, dan Kepala MAN 2 Kota Malang, Samsudin, juga turut mendampingi mereka dalam ajang prestisius ini.

Dalam kompetisi KSM tingkat Madrasah Aliyah, siswa MAN 2 Kota Malang, Al Davi, yang berasal dari kelas XI MIPA 8, berhasil meraih medali perak dalam Bidang Biologi Terintegrasi. Prestasi ini menjadi bukti nyata keunggulan siswa MAN 2 Kota Malang dalam bidang sains. Selain itu, Hasna Febriana Syukurillah dari kelas XI IPA 8 dan Azutino Aqda Qur’za dari kelas XI IPS 1, berhasil meraih medali perunggu dalam ajang MYRES 2023. Mereka berpartisipasi dalam kategori penelitian bidang Ilmu Sosial Humaniora (ISH) dengan tema riset yang menarik, yaitu "Post-Constant Degrowth Tourism: Studi Kasus Upaya Pengelolaan Taman Wisata Air Wendit Dalam Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan."

Kepala MAN 2 Kota Malang, Samsudin, merasa sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh para siswanya. Dalam pernyataannya di Kendari pada Kamis (7/9/2023), ia mengungkapkan rasa syukur, "Alhamdulillah, kita dapat meraih 2 prestasi dengan memperoleh medali perak Bidang Biologi Terintegrasi KSM MA 2023 dan perunggu di ajang Myres dan KSM 2023. Terima kasih anak-anak dan semua pendamping yang telah sukses membawa medali, hal ini akan menjadi kebanggan kita semua."

Samsudin juga mengapresiasi kerja keras tim MAN 2 Kota Malang, termasuk siswa, guru, dan pembina, yang telah bersama-sama menyiapkan dan mengikuti tahapan KSM MA 2023 dan Myres 2023 mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga tingkat nasional.

Ia menyatakan, "Kami sampaikan terima kasih kepada anak-anak dan tim pendamping, yang selama ini telah mempersiapkan dengan baik dan intens dilakukan dengan memanfaatkan sarana yang kita miliki, yakni gedung sains olimpiade terpadu sebagai laboratorium dan tempat praktik pembelajaran. Kami juga telah mengoptimalkan sarana PSBB untuk istirahat persiapan tim MAN 2 Kota Malang."

Samsudin menekankan bahwa persaingan dalam KSM dan Myres semakin kompetitif, dengan peserta dari berbagai provinsi berusaha untuk meraih hasil terbaik. Ia berharap bahwa prestasi yang diraih dalam kompetisi ini dapat menjadi inspirasi bagi para siswa untuk terus berprestasi dan menghadapi tantangan dengan lebih baik lagi.

"Saya berharap raihan medali KSM dan Myres ini dapat menjadi teladan dan semangat munculnya peserta didik kita untuk lebih berprestasi, tentunya melalui proses yang lebih baik lagi," tutur Samsudin.

Dalam akhir pernyataannya, Kepala MAN 2 Kota Malang memberikan dukungan kepada semua siswa yang belum meraih prestasi, "Kepada anak-anak yang belum memperoleh juara, saya percaya dan semua kita berdoa semoga ke depan akan mampu menampilkan yang terbaik dan mempersembahkan prestasi yang membanggakan." Dukungan ini menunjukkan semangat dan komitmen MAN 2 Kota Malang dalam mendukung perkembangan akademik dan prestasi siswanya dalam berbagai kompetisi prestisius. (mg-3/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow