Polsek Gurah Amankan Penyebar Video Hoax Penutupan Wisata dan CFD di Kabupaten Kediri

Polsek Gurah Amankan Penyebar Video Hoax Penutupan Wisata dan CFD di Kabupaten Kediri
NY saat berada di Mapolsek Gurah untuk mengklarifikasi video yang ia unggah. (foto : ist).

Kediri, (afederasi.com) - Petugas Polsek Gurah mengamankan pria berinisial NU (59) warga Desa Turus Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Penangkapan itu dilakukan usai penyelidikan atas kasus informasi bohong atau hoax yang viral di media sosial tentang penutupan wisata dan CFD. 

Adapun video tersebut berisi imbauan disampaikan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana untuk tetap menjaga protokol kesehatan karena wisata Kabupaten Kediri akan ditutup kembali dan Car free Day (CFD) bakal ditiadakan. Akibatnya banyak masyarakat Kediri yang percaya dan gaduh akan informasi tersebut. 

"Yang bersangkutan kami amankan di kediamannya," ucap Kapolsek Gurah, AKP Roni Robi Harsono, Rabu (12/10/2022).

Saat dilakukan pemeriksaan, NY mengakui kesalahannya dan membuat pernyataan untuk meminta maaf. Ia mengaku mengunggah video tersebut hanya untuk konten semata. 

Namun setelah ditelusuri, video yang berisi imbauan tersebut ternyata sudah ada sejak tanggal 5 Februari 2022 lalu. 

"NY ini kemudian menyampaikan klarifikasi permohonan maaf atas video diunggahnya tersebut yang didampingi oleh anggota Polsek Gurah," ujar Roni.

Usai kejadian ini, NY tidak diproses lebih lanjut dan dibebaskan kembali. Roni pun mengimbau kepada masyarakat agar bijak menggunakan media sosial dan tidak boleh percaya langsung dengan adanya informasi yang sering beredar di media sosial. 

"Tentunya ini akan dijadikan pembelajaran oleh yang bersangkutan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi. Untuk masyarakat jangan menelan mentah-mentah informasi yang belum jelas sumbernya," tandas Kapolsek Gurah.(sya/dn)