Dinkes Tulungagung Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan BIAN 2022

Dinkes Tulungagung Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan BIAN 2022
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Didik Eka Sunarya Putra saat memaparkan materi evaluasi BIAN dan bertempat di Ballroom Crown Victoria Hotel (erin/afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung gelar rapat evaluasi pelaksanaan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) 2022. 

Acara tersebut digunakan untuk mengetahui dan mengevaluasi daerah mana saja yang belum mencapai target BIAN nya.

Kepala Dinkes Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmad, MMRS mengatakan secara perhitungan kabupaten sebenarnya Tulungagung telah mencapai angka 97 persen dari target angka proyeksi sebanyak 95 persen. Namun apabila capaian tersebut di breakdown hingga ke desa, ada 36 desa di Tulungagung yang belum tercapai di angka 95 persen. 

"Se Jatim untuk capaian BIAN kita termasuk bagus, masuk ke 15 besar. Namun jika di breakdown masih ada beberapa desa yang belum memenuhi," jelasnya. 

Menurut Kasil, apabila di desa masih ada yang belum memenuhi target maka dikhawatirkan muncul kejadian luar biasa (KLB) campak dan rubella di daerah tersebut. 

"Anak- anak harus divaksin semua agar tidak KLB," imbuhnya. 

Disinggung mengenai faktor terhambatnya pemenuhan capaian, Kasil mengatakan ada beberapa daerah yang belum memahami pentingnya vaksinasi campak dan rubella. Selain itu di daerah pegunungan juga terkendala letak geografis wilayahnya. Disana rumah penduduknya berpencar, atau tidak dalam 1 lingkup.

"Pada pelaksanaan vaksin ada beberapa anak yang sakit. Ini mengakibatkan vaksinnya juga harus ditunda," ujarnya. 

Lanjutnya, karena ada 36 desa uang belum terpenuhi tersebut, di minggu ke 4 September ini pihaknya mulai melakukan sweeping vaksinasi BIAN. Pihaknya akan mengkoordinasikan dengan lintas sektor per kecamatan. 

"Target kami hingga akhir bulan nanti capaian sudah lebih dari 95 persen semua. Misal belum tercapai kita masih menunggu kebijakan dari pihak pusat," tandasnya.

Berdasarkan pantauan afederasi.com, selain Kepala Dinkes Tulungagung turut hadir dalam acara tersebut seluruh Camat se Tulungagung, seluruh perwakilan puskesmas di bawah naungannya, dan lintas OPD yang berwenang. (er/dn)