Asyiknya Kemah Hijau di Wisata Ragil Kuning Kediri

Asyiknya Kemah Hijau di Wisata Ragil Kuning Kediri
Kemah hijau di Wisata Ragil Kuning Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, Sabtu (24/9/2022). (isa/afederasi.com).

Kediri, (afederasi.com) - Kawasan wisata alam sumber Ragil Kuning di Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Jawa Timur belakangan menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang berkunjung dan menikmati sumber mata airnya. 

Tak hanya itu, nuansa alami dan hijaunya pepohonan serta lahan yang luas menjadi magnet masyarakat maupun komunitas organisasi untuk berkemah. 

Salah satunya Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kediri yang bersama sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri untuk menggelar kemah hijau, Sabtu (24/9/2022). Sebanyak 100 peserta didik dari berbagai pangkalan sekolah yang terseleksi sebagai sekolah adiwiyata oleh DLH Kabupaten Kediri, ikut serta di dalamnya.

Kemah hijau bertajuk "lestari alamnya sejahtera makhluknya" ini dibuka langsung oleh M. Muhsin selaku Waka Kwartircab Kediri dan Ketua DLH, Putut Agung Subekti serta diikuti oleh Forkopimka Kepung dan segenap perwakilan pangkalan sekolah di Kabupaten Kediri ikut andil di dalamnya.

Selama dua hari kedepan di lokasi wisata alam ini, peserta menjalani kegiatan dan tambahan wawasan seputar lingkungan hidup. Seperti materi konservasi dan observasi ekosistem alam, serta pengelolaan sampah berbasis 3R dari DLH. 

"Gerakan pramuka bukan hanya kemah dan bernyanyi. Gerakan pramuka harus ambil bagian dalam menghidupkan potensi daerah khususnya di Kabupaten Kediri," kata Putut tentang kemah hijau yang digelar di Wisata Ragil Kuning Desa Krenceng, Sabtu (24/9/2022).

Ia berharap, kemah hijau mampu memberikan efek positif selain hidup sehat tanpa plastik juga bisa berdampak baik bagi objek wisata Kediri ini yang sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan usai pandemi. Tak hanya itu, agenda pertama ini rencananya akan menjadi agenda rutin tiap satu tahun sekali. 

"Nanti bisa ditaruh pada bulan Juni - Juli yang bertepatan dengan hari lingkungan hidup," jelas Putut. 

"Untuk misi kita di sini adalah juga ikut andil meramaikan dan mempromosikan kawasan wisata serta membantu menggulirkan perekonomian yang mulai tumbuh di tempat wisata ini," imbuh Putut yang juga sebagai Ketua Majleis Pembimbing Saka Kalpataru Kediri.

Pihaknya juga mengajak kepada seluruh elemen agar senantiasa mendukung dan lebih memajukan lagi gerakan Pramuka utamanya di Kabupaten Kediri.

"Demi mempersiapkan generasi muda yang akan datang agar lebih tangguh terhadap pengaruh negatif dan lebih peduli terhadap lingkungan dan sesama," pungkasnya.(sya/dn)