Tak Kuasai Medan Jalan, Truk Muat Triplek Terguling

Tak Kuasai Medan Jalan, Truk Muat Triplek Terguling
Kondisi truk muat triplek terguling di bahu jalan (alifia rahma/afederasi.com)

Situbondo, (afederasi.com) - Tak kuasai medan jalan sebuah truck nopol DK 8386 BU bermuatan ratusan kayu lapis atau triplek, mengalami kecelakaan tunggal dan terguling di jalan tembus (jalbus) Desa Kotakan, Kecamatan Kota, Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (24/9/2022).

Laka tunggal tersebut mengakibatkan ratusan triplek muatan pada truk tersebut langsung tumpah ke badan jalan aspal dilokasi kejadian. Bahkan, bodi depan truck berwarna kuning ringsek tak berbentuk, hingga mengakibatkan sopir Prasetyo (41) asal Kabupaten Nganjuk sempat terjepit kabin trucknya, dan hanya mengalami luka lecet disebagian tubuhnya.

Sebelum mengalami laka tunggal dilokasi kejadian, Prasetyo mengemudikan trucknya melaju dari arah barat menuju ke arah timur, dengan kondisi jalan turunan di jalbus Desa Kotakan, Kecamatan Kota, Situbondo.

Namun, saat melintas di lokasi kejadian, Prasetyo menghindari tabrakan dengan truck dari arah berlawanan, dengan cara banting stir kekiri, akibatnya truck yang dikemudikan oleng ke kiri. Bahkan, langsung terguling ke sebelah kiri.

"Sebetulnya saya sempat terjepit kabin depan yang ringsek, namun saya bisa keluar dari bodi depan truck. Rencana ratusan lembar triplek akan dikirim ke salah satu toko di Kota Bondowoso," jelasnya.

Kanit Laka Polres Situbondo Ipda Kadek Yasa mengatakan, laka tunggal itu terjadi lantaran sopir truck tidak mengetahui medan yang sedang di lalui.

"Selain menghindari truck dari arah berlawanan, penyebab  laka tunggal itu juga akibat sopir tidak menguasai medan,"tutupnya. (vya/dn)