19 Pendaki Tewas dalam Longsor di Himalaya India

19 Pendaki Tewas dalam Longsor di Himalaya India
Sedikitnya 19 orang dipastikan tewas setelah longsoran salju melanda para pendaki di Himalaya India. (ist)

India, (afederasi.com) - Sedikitnya 19 orang dipastikan tewas dalam peristiwa longsor salju yang melanda para pendaki di Himalaya India. Cuaca buruk disekitar kejadian membuat petugas kesulitan melakukan upaya pencarian dan penyelamatan.

Sebelumnya, sekelompok peserta pelatihan dan instruktur pendakian pada Selasa (4/10/2022) lalu, terperangkap longsoran salju besar di dekat puncak Gunung Draupadi ka Danda II di negara bagian Uttarakhand, India utara.

"Sembilan belas mayat telah ditemukan. 10 orang belum ditemukan," kata juru bicara badan bencana India, Ridhim Aggarwal.

Polisi, otoritas bencana, dan Angkatan Udara India dikerahkan untuk membantu upaya pencarian. Sejauh ini 32 orang berhasil diselamatkan dari gunung meskipun salju dan hujan turun.

Tempat pendaratan helikopter telah disiapkan di dekat lokasi longsoran pada ketinggian 4.900 meter di atas permukaan laut, kata Polisi Perbatasan Indo-Tibet, Kamis.

Sunil Lalwani, salah seorang pendaki peserta pelatihan yang diselamatkan, memuji para instruktur karena telah menyelamatkan banyak nyawa. (ans)