Majukan UMKM Masyarakat Pesisir, Pemprov DKI Berikan Bantuan Fasilitas

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menunjukkan komitmennya dalam upaya memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya di wilayah pesisir Jakarta Utara.

15 Sep 2023 - 15:19
Majukan UMKM Masyarakat Pesisir, Pemprov DKI Berikan Bantuan Fasilitas
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono serahkan bantuan dan fasilitas untuk UMKM di Muara Angke, Kamis (14/9/2023). (Dok. Pemprov DKI).

Jakarta, (afederasi.com) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menunjukkan komitmennya dalam upaya memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya di wilayah pesisir Jakarta Utara. Dalam langkah terbarunya, Pemprov DKI Jakarta bersama Yayasan Sahabat Hati Bunda (SHB) telah memberikan dukungan fasilitas kepada sejumlah pelaku UMKM yang beroperasi di kawasan Muara Angke pada Kamis (14/9/2023).

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, telah menyatakan harapannya untuk memperkuat ekonomi Jakarta dan memacu pertumbuhan UMKM, dengan tujuan mengubah Jakarta menjadi Kota Global yang berdaya saing.

Heru Budi Hartono mengungkapkan, "Kami mendorong agar lebih banyak lagi UMKM yang naik kelas dan meningkatkan penjualan produk dalam negeri. Saya minta dinas terkait harus terus melakukan pembinaan UMKM."

Dalam kunjungannya, Pj. Gubernur Heru juga meninjau Pengolahan Hasil Perikanan Tradisional (PHPT) di Rumah Pangan Masyarakat Pesisir, serta berinteraksi dengan komunitas lokal seperti Rumah Aman Perempuan, komunitas pengolah ikan, dan Komunitas Mangrove Muara Angke (Komma).

Selain memberikan bantuan fasilitas kepada pelaku UMKM, Heru secara simbolis menyerahkan kunci Rumah Pangan, yang akan menjadi pusat pembinaan dan pendampingan UMKM serta masyarakat setempat. Hal ini akan menjadi bagian dari kerja sama antara Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta dan Yayasan SHB.

Suharini Eliawati, Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, menjelaskan bahwa Muara Angke merupakan kawasan pelabuhan perikanan terbesar di Jakarta yang memiliki potensi besar untuk pengembangan UMKM. Terdapat beragam peluang di dalamnya, seperti Unit Pengolahan Ikan dan Coldstorage yang melibatkan 78 pelaku usaha, serta kolam pelabuhan kapal perikanan yang menyerap tenaga kerja hingga ribuan orang.

Semangat untuk memajukan UMKM di Muara Angke juga ditunjukkan oleh Manajer Yayasan SHB, Melny Nova Katuuk. Yayasan SHB telah meluncurkan program pelatihan dan pendampingan usaha, termasuk dalam bidang pengolahan bawang goreng dan olahan ikan asin.

Melny Nova Katuuk menyampaikan, "Kami mengambil peran untuk mendorong UMKM masyarakat pesisir dalam meningkatkan ketangguhan ekonomi mereka, khususnya ketangguhan ekonomi perempuan." Ia juga mencatat bahwa program-program ini telah memberikan dampak positif, membantu mengurangi kemiskinan di wilayah pesisir Jakarta Utara.

Salah satu pelaku UMKM di Muara Angke, Melly, menyatakan bahwa pembinaan dan bantuan fasilitas dari Pemprov DKI dan Yayasan SHB sangat membantu. Melly, yang memiliki usaha ikan asin dan bawang goreng, berterima kasih atas dukungan tersebut dan menyatakan bahwa ini sangat membantu bagi perempuan seperti dirinya secara ekonomi.

Berdasarkan bantuan yang diberikan, UMKM di Muara Angke berharap dapat meningkatkan kualitas produk mereka dan memperluas pasar pemasaran mereka. Dengan semangat yang tinggi, mereka optimis bahwa usaha mereka akan terus tumbuh dan berkembang di masa depan. (mg-1/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow