Bupati Maryoto Pimpin HUT ke 62 UUPA

Bupati Maryoto Pimpin HUT ke 62 UUPA
Bupati Tulungagung saat memimpin upacara peringatan HUT 62 UUPA. (dokopim for afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) – Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Undang – undang Pokok Agraria (UUPA) Tahun 2022, di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bongso pada Senin (26/9/2022) pagi. Upacara peringatan ke 62 ini, mengusung tema Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Cepat, Berkualitas dan Tangguh.

Upacara pun diikuti Wakil Bupati Tulungagung, H. Gatut Sunu Wibowo, S.E.; Dandim 0807/Tulungagung, Letkol Czi. Nooris Agus Rinanto S.I.P.; Kapolres Tulungagung, AKBP Eko Hartanto, S.I.K., M.H.; Ketua DPRD Tulungagung, Marsono, S.Sos.; Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. Sukaji, M.Si.; Kepala BPN Tulungagung, Feri Saragih; serta tamu undangan dan pegawai BPN Tulungagung.

Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., membacakan amanat Menteri ATR/BPN menjelaskan pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2022 ini akan mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik, pengaduan, perizinan, penanganan masalah, dan data base yang akan menyebabkan layanan kepada masyarakat yang transparan, cepat, efektif, dan efisien.

Dalam kesempatan tersebut, Maryoto juga mengajak semua peserta yang hadir untuk melaksanakan percepatan pendaftaran tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Selain itu, penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan dengan Reforma Agraria serta pemberantasan Mafia Tanah, mendukung percepatan pembangunan IKN.

“Untuk mencapai target 100% pada tahun 2025 harus menyusun strategi yang terbaik. Saya mengingatkan pentingnya mengejar target PTSL namun yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan sehingga tidak menimbulkan residu dan masalah di kemudian hari.,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tulungagung menyerahkan sejumlah sertifikat tanah kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung serta diserahkan pula penghargaan Satya Lencana kepada para pegawai ATR/BPN. (rra/dn)