Bupati Asahan Luncurkan Program BAAS

15 Sep 2023 - 14:22
Bupati Asahan Luncurkan Program BAAS
Peluncuran dan sosialisasi program BAAS. (Fitra/afederasi.com)

Asahan, (afederasi.com) - Bupati Asahan, H. Surya meluncurkan dan melakukan sosialisasi Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan tahun 2023 pada Kamis (14/09/2023). 

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kapolres, Ketua PN Kisaran, perwakilan dari Dandim 0208/AS, Danlanal TBA, Kajari, perwakilan BKKBN Sumut, Ketua TP-PKK Kabupaten, Sekretaris Daerah Kabupaten, para asisten, staff ahli, OPD, para camat.

Kepala BKKBN Sumut, Dr. Munawar Ibrahim S.Kp. MPH, memberikan laporan tentang perkembangan implementasi Program Percepatan Penurunan Stunting (PPS) di Kabupaten Asahan, terutama pada semester I tahun 2023. Beberapa langkah telah diambil untuk mencapai target ini, termasuk Program BAAS. Dr. Munawar menekankan pentingnya optimalisasi sumber daya, penguatan koordinasi, pemantauan, dan evaluasi guna memastikan kelancaran PPS dalam menurunkan angka stunting.

Sebelum memberikan pidato, Bupati Asahan memberikan Surat Keputusan (SK) kepada para Bapak Asuh Anak dalam acara tersebut. Ini merupakan langkah awal dalam pelaksanaan Program BAAS di Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan menyampaikan hasil survei Status Gizi Indonesia (SSGI) yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan Indonesia pada tahun 2020. Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa Kabupaten Asahan memiliki tingkat prevalensi stunting yang tinggi, mencapai 28,6%. Meskipun pada tahun 2021 angka tersebut turun menjadi 18,9%, pada tahun 2022, Kabupaten Asahan berhasil menurunkan angka prevalensi stunting menjadi 15,3%.

Bupati juga menekankan bahwa upaya mencegah dan menurunkan stunting bukanlah hal yang sulit jika terdapat koordinasi, komunikasi, dan kerjasama yang baik antara berbagai pihak dan sektor di Kabupaten Asahan. Ia mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BKKBN Sumatra Utara yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

Pada akhir sambutannya, Bupati berharap agar para peserta acara ini dapat menjadi Bapak Asuh Anak Stunting, sehingga dapat berkontribusi pada masa depan yang lebih baik, terutama dalam mewujudkan visi ibu yang sehat, anak yang sehat, dan cerdas di Kabupaten Asahan. (fit) 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow