BEI Terus Komitmen Lakukan Penguatan Ekosistem Pasar Modal dari Segala Lini

Dalam upaya memperkuat ekosistem pasar modal di Indonesia, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif yang bertujuan membangun kebersamaan di sektor ini.

18 Sep 2023 - 09:29
BEI Terus Komitmen Lakukan Penguatan Ekosistem Pasar Modal dari Segala Lini
Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik/ist

Jakarta, (afederasi.com) - Dalam upaya memperkuat ekosistem pasar modal di Indonesia, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif yang bertujuan membangun kebersamaan di sektor ini. Salah satu contohnya adalah kegiatan olahraga futsal yang diadakan oleh komunitas wartawan pasar modal, Capital Market Journo Camaro, dengan gelaran turnamen Camaro Futsal Competition 2023. Turnamen ini diikuti oleh 16 emiten dan delapan forum wartawan, yang diharapkan dapat membangun kebersamaan dan sosialisasi industri pasar modal.

Menurut Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, kegiatan olahraga seperti ini mungkin terlihat sekadar sebagai kegiatan rekreasi. Namun, kegiatan ini memiliki dampak yang sangat efektif dalam membangun kebersamaan di ekosistem pasar modal, serta sosialisasi industri ini kepada masyarakat. Jeffrey berharap agar ke depannya, perusahaan-perusahaan sekuritas yang merupakan Anggota Bursa (AB) juga dapat aktif mengikuti acara semacam ini.

Jeffrey juga menegaskan bahwa kebersamaan seperti yang terwujud dalam acara futsal ini dapat memperkuat ekosistem pasar modal nasional secara lebih efektif. Dengan adanya wadah kebersamaan, diharapkan setiap tantangan yang dihadapi dapat dicari solusinya bersama-sama. Selain itu, kegiatan seperti ini juga membantu memperkuat edukasi dan sosialisasi di masyarakat, terutama di kalangan generasi muda yang merupakan mayoritas investor ritel saat ini.

Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), melalui Kepala Departemen Perizinan Pasar Modal, Luthfy Zain Fuady, juga memberikan apresiasi terhadap inisiatif Camaro dalam membangun kebersamaan di lingkup ekosistem pasar modal nasional. Menurut Luthfi, kebersamaan dan komunikasi yang lebih baik diharapkan dapat mendukung transmisi kebijakan dan peraturan pasar modal dari regulator kepada publik secara lebih efektif.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia (FFI), Edhi Prasetyo, mengakui bahwa Camaro Futsal Competition merupakan salah satu turnamen futsal amatir yang telah dijalankan secara rutin dan konsisten. Inisiatif seperti ini dianggap penting dalam mengembangkan olahraga futsal di Indonesia, khususnya dalam mencari dan memberikan wadah yang memadai bagi bibit-bibit berkualitas yang ada di masyarakat.

Camaro Futsal Competition, yang pertama kali digelar sejak 2011 dengan nama Capital Market Journalist Cup, telah menjadi acara rutin yang diadakan setiap tahun. Event ini mendapat dukungan dari berbagai emiten dan lembaga terkait, seperti PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan PT Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI). Dengan melibatkan berbagai pihak, diharapkan ajang ini juga dapat menjadi wadah silaturahmi antar sesama pelaku industri pasar modal nasional.

Pada penyelenggaraan ke-11 kali ini, PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil meraih juara 1 dengan nilai hadiah Rp13 juta dari kategori tim korporasi. Sementara itu, juara 2 diraih oleh PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dengan nilai hadiah Rp10 juta. Tidak hanya memperebutkan hadiah bagi tim juara, turnamen ini juga memberikan apresiasi kepada pencetak gol terbanyak dengan nilai hadiah Rp1 juta. Melalui acara ini, Camaro berharap dapat memperkuat komunikasi, jejaring, dan kualitas pemberitaan di industri pasar modal, serta memperkuat sosialisasi melalui pendekatan berbeda yang lebih dapat diterima oleh masyarakat luas.(mg-2/jae)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow