Terima Audiensi Badko HMI Jatim, Dispendikpora Tulungagung Siap Berkolaborasi

Terima Audiensi Badko HMI Jatim, Dispendikpora Tulungagung Siap Berkolaborasi
Sekretaris Dispendikpora Kabupaten Tulungagung, Syaifudin Juhri didampingi Kabid Pembinaan SD, Suharni saat foto bersama dengan pengurus Badko HMI Jatim seusai audiensi (erin/afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) - Terima audiensi dari Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Timur (Jatim), Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) Kabupaten Tulungagung siap berkolaborasi secara masif. 

Sekretaris Dispendikpora Kabupaten tulungagung, Syaifudin Juhri mengatakan pihaknya mendukung program yang akan dilaksanakan oleh Badko HMI Jatim secara penuh. Program yang diberi nama Youth Leadership Camp Ecology tersebut bisa bermanfaat untuk para peserta didik dalam mengenalkan serta mencintai alam sejak di bangku sekolah. 

Program ini merupakan suatu langkah baik dari HMI Jatim dan pihaknya bakal selalu mendukung serta menyuport secara penuh. 

"Kami siap mendukung program ini secara penuh. Nanti bakal kami bantu untuk meneruskan ke masing- masing Kepala Sekolah (Kepsek)," ujarnya. 

Menurut Udin sapaan akrab dari Syaifudin Juhri, di dalam proses pembelajaran yang ada di sekolah sebenarnya sudah ada program adiwiyata. Program adiwiyata tersebut sudah berjalan di seluruh lembaga sekolah di Tulungagung. 

Contohnya seperti pengadaan bank sampah di masing- masing lembaga sekolah dan lingkup wilayah masing- masing. 

"Adiwiyata itu pembelajaran untuk mencintai dan merawat lingkungan. Tentunya sudah kami terapkan di seluruh lingkungan," terangnya. 

Program adiwiyata ini urgensi serta goals atau tujuannya sama dengan program yang bakal dilakukan oleh Badko HMI Jatim. Yaitu untuk memperkenalkan alam dan mencintai alam serta sadar akan dampak yang bisa diakibatkan apabila pengelolaan lingkungan buruk. 

"Kami siap mendukung secara penuh program tersebut. Terkait pelibatan peserta siswa nanti bakal kami bantu komunikasikan," imbuhnya. 

Dalam audiensi tersebut Udin juga memberikan masukan, agar menambah materi di dalam workshop yang bisa bermanfaat untuk para peserta didik akan pentingnya menjaga lingkungan. 

Pihaknya juga berharap agar program ini bisa dilakukan secara kontinue atau terus- menerus dan melibatkan seluruh kader HMI khususnya di Tulungagung untuk terjun langsung ke lembaga sekolah.

"Workshop serta pendampingan yang bakal dilakukan kami siap untuk mendukung," pungkasnya. 

Sementara itu, Perwakilan Pengurus Badko HMI Jatim, Onky Ardian mengatakan program youth leadership camp ecology ini rencananya bakal diikuti oleh 200 peserta. Peserta tersebut berasal dari perwakilan kader masing- masing cabang selingkup Jatim, dan para siswa SMP dan SMA selingkup Tulungagung. 

Kemudian tujuan program ini yaitu terbinanya pemimpin masa depan yang memiliki kecakapan mitigasi bencana dan mampu mengelola lingkungan hidup. 

"Harapan kami program ini bisa berjalan lancar dan kami siap berkolaborasi dengan pemkab setempat," tandasnya. (er/dn)