Ribuan Mangrove Ditanam di Sepanjang Pesisir Pantai

Ribuan Mangrove Ditanam di Sepanjang Pesisir Pantai
Foto bersama sebelum proses penanaman mangrove di pesisir pantai (alifia rahma/afederasi.com)

Situbondo, (afederasi.com) - Ribuan mangrove ditanam di sepanjang pesisir pantai Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu (16/11/2022).

Acara dengan tema Menanam Mangrove Sedekah Oksigen di Pantai Cemara, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Situbondo disaksikan oleh Sekertaris Daerah, Wawan Setiawan, Dirjen PPDT Eko Sri Haryanto.

"Syukur alhamdulillah Bapak Dirjen ada kegiatan ini, karena wilayah Situbondo ini memiliki panjang pantai sekitar 150 kilometer yang terbentang dari Banyuglugur hingga Banyuputih. Jadi penanaman bibit mangrove ini sangat bermanfaat bagi kami," ungkap Sekda Wawan Setiawan.

Semenjak tahun 1990 luas hutan mangrove di Situbondo mulai mengalami penurunan. Salah satunya diakibatkan adanya pembangunan tambak di pesisir pantai. 

"Kalau kita lihat data, pada tahun 1990 an kita memiliki hutan mangrove sekitar 300 hektare. Kemudian tahun 2000 an menurun sekitar 9,9 hektare. Terus menurun lagi hingga 20 persen, sehingga hutan mangrove kita tinggal sekitar 200 hektare," katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal pada Kemendes PPDT, Eko Sri Haryanto, mengungkapkan, 6.000 bibit mangrove sudah ditanam di tiga wilayah. Yakni Tanjung Pecinan Kecamatan Mangaran, Pantai Blekok Kecamatan Kendit dan Pantai Cemara Kecamatan Panarukan. 

"Jadi yang sekarang ini hanya simbolis saja. Kami ingin membangun ekosistem laut yang baik, Jadi hanya satu jenis yang kita tanam, karena itu yang cocok di wilayah Situbondo," tutupnya.(vya/dn)