Lagi, MAN 2 Kota Malang Jadi Madrasah Terbaik Peraih Penghargaan OSN Nasional 2023

OSN Nasional 2023 telah sukses digelar di Kota Bogor pada tanggal 27 Agustus hingga 2 September 2023.

13 Sep 2023 - 10:27
Lagi, MAN 2 Kota Malang Jadi Madrasah Terbaik Peraih Penghargaan OSN Nasional 2023
Daftar madarasah peraih medali terbanyak OSN 2023

Malang, (afederasi.com) - OSN Nasional 2023 telah sukses digelar di Kota Bogor pada tanggal 27 Agustus hingga 2 September 2023. Kompetisi bergengsi ini, yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbud, kembali menorehkan prestasi gemilang. Salah satu madrasah yang berhasil menunjukkan keunggulannya adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang. Dalam ajang ini, MAN 2 Kota Malang berhasil mencatatkan prestasi yang membanggakan.

Kepala MAN 2 Kota Malang, Samsudin, dengan bangga mengungkapkan prestasi yang diraih oleh madrasah yang dipimpinnya. Dalam pernyataannya di Kota Malang pada Selasa (12/9/2023), Samsudin menyampaikan, "Tahun ini, alhamdulillah anak-anak kita memperoleh 10 penghargaan OSN dengan rincian 8 Medali dan 2 penghargaan. Prestasi ini tentu menjadi kebanggaan peserta didik, orang tua, madrasah, dan Kementerian Agama."

Lebih lanjut, Samsudin menekankan, "Dengan raihan ini, MAN 2 Kota Malang kembali menjadi madrasah yang meraih medali OSN Nasional terbanyak di antara madrasah lainnya. Sejak 2018 hingga 2022, MAN 2 Kota Malang juga tercatat sebagai peraih medali terbanyak di antara semua sekolah dan madrasah peserta OSN."

Prestasi gemilang ini tidak terjadi begitu saja. Menurut Samsudin, MAN 2 Kota Malang memiliki tradisi kuat dalam mengirimkan siswa terbaiknya untuk bergabung dalam Tim Olimpiade, dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional. Madrasah ini bahkan mendominasi dalam ajang kompetisi di Kota Malang dan Jawa Timur. "Tradisi kita setiap tahun mendominasi OSN untuk Kota Malang dan Provinsi Jawa Timur. Sehingga menghasilkan para juara yang menjadi kebanggaan bagi berbagai pihak terkait, utamanya Madrasah dan Kemenag," ungkapnya.

Dalam OSN Nasional 2023, MAN 2 Kota Malang berhasil meloloskan 12 peserta didiknya sebagai finalis. Mereka tampil gemilang di Kota Bogor, membawa pulang total 10 penghargaan, terdiri dari 8 medali dan 2 penghargaan khusus. Adapun rincian medali yang diraih adalah 1 medali emas, 4 medali perak, dan 3 medali perunggu. Selain itu, dua penghargaan khusus juga menjadi bagian dari prestasi mereka, yakni Kategori Best Economics yang diraih oleh Raynar Pramudya Sayyid Andaru, serta Kategori Nilai Tertinggi Kebumian yang diraih oleh Ammara Shifa Andini.

Dengan segala prestasi cemerlang ini, MAN 2 Kota Malang dengan bangga menduduki posisi terbaik, menjadi yang pertama dari 10 Madrasah Aliyah yang ikut berlaga dalam OSN tingkat Nasional 2023. Samsudin menutup pernyataannya dengan ucapan syukur, "Alhamdulillaah, kita patut bersyukur kepada Allah Swt. Terima kasih kepada para pembimbing dan seluruh tim yang terus membina dan mendukung para siswa untuk mengasah kemampuan dan keahlian mereka masing-masing. Semoga Allah membalas dengan pahala yang melimpah."

Inilah 10 prestasi gemilang yang berhasil diraih oleh MAN 2 Kota Malang pada OSN 2023:

A. Medali Emas
1) Ammara Shifa Andini (Kebumian)

B. Medali Perak
1) Raynar Pramudya Sayyid Andaru (Ekonomi),
2) Andika Rasendriya Arya Putra (Fisika),
3) Ahmad Boutros Fathir (Matematika), dan
4) Ahmad Ayman Alghifari (Kimia)

C. Medali Perunggu
1) Nabila Rahma Aisyah (Kimia),
2) Azka Ananta Abdillah (Geografi), dan
3) Naistra Fathan Wirdiyan (Matematika)

D. Penghargaan Khusus
1) Raynar Pramudya Sayyid Andaru (Kategori Best Economics)
2) Ammara Shifa Andini (Kategori Nilai Tertinggi Kebumian)

(mg-3/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow