Kecelakaan di Tol Sumo, Bus Harapan Jaya Oleng Terperosok Keluar Ruas Tol Usai Menabrak Mobil Pecah Ban

Kecelakaan tersebut melibatkan Bus PO Harapan Jaya yang menabrak mobil Mitsubishi kuda Nopol M 1866 AV yang tengah berhenti di sisi kiri jalan tol, karena mengalami pecah ban.

18 Jan 2024 - 17:12
Kecelakaan di Tol Sumo, Bus Harapan Jaya Oleng Terperosok Keluar Ruas Tol Usai Menabrak Mobil  Pecah Ban
Bus Patas PO Harapan Jaya terperosok keluar jalan tol di dekat lahan jagung warga. (Fahrudin/afederasi.com)

Gresik, (afederasi.com) - Kecelakaan diruas Jalan Tol Surabaya - Mojokerto (Sumo) tepatnya di Km 719 Desa Kedunganyar, Kecamatan Wringinanom Gresik, Jawa Timur terjadi, pada Kamis (18/01/2024).

Kecelakaan tersebut melibatkan Bus PO Harapan Jaya yang menabrak mobil Mitsubishi kuda Nopol M 1866 AV yang tengah berhenti di sisi kiri jalan tol, karena mengalami pecah ban.

Beruntung, tidak ada korban jiwa. Namun, tiga orang termasuk sopir dan penumpang bus Harapan Jaya mengalami luka-luka. Sedangkan kondisi Bus PO Harapan Jaya sampai melewati pembatas jalan usai menabrak mobil tersebut.

Kepala Unit Penegakakn Hukum (Gakkum) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gresik Iptu Tita Puspita Agustina mengungkapkan, kejadian laka lantas di tol Sumo itu, terjadi pukul 09.15 WIB, Kamis (18/01/2024).

“Kendaraan Bus PO Harapan Jaya nopol AG 7639 US, melintas dari arah barat ke timur dengan kecepatan sedang,” ungkapnya.

Bus Harapan Jaya tersebut dikemudikan oleh Malik Alvian (55) warga Cangkruk Banjaranyar, Kecamatan Keras, Kabupaten Kediri.

“Bus Harapan Jaya tersebut membawa 12 penumpang, termasuk dua korban penumpang yang mengalami luka-luka,” jelasnya.

Identitas korban luka-luka yakni, Ayu Pratiwi, warga Bendosari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung, dan Suci Ati, warga Desa Cangak Kecamatan Keras Kota Kediri.

Kecelakaan bermula, tambah Iptu Tita, saat bus PO Harapan Jaya saat tiba di lokasi kejadian berusaha mendahului mobil tidak dikenal dari sisi kiri.

Saat mendahului, pengemudi bus Harapan Jaya kurang memperhatikan arah depan dengan jelas. Sehingga membentur Kendaraan Mitsubishi kuda Nopol M 1866 AV yang berhenti di sisi kiri jalan tol.

“Identitas pengemudi mobil itu dikemudikan oleh Ridwan Nur Anwar (25) warga Desa Sana Jaya, Kecamatan Padihan, Kabupaten Pamekasan Pulau Madura,” ungkapnya.  

Usai membentur mobil mitsubishi, Bus Harapan Jaya pun oleng ke kanan dibagian ruas jalan sebelah selatan dan membentur pembatas jalan. Laju bus terhenti setelah menabrak pohon dengan kondisi setengah terjungkir melewati pembatas jalan.

“Pengemudi bus Harapan Jaya membanting setir ke kiri membentur pembatas jalan sisi utara dan terjadilah kecelakaan lalu lintas,” jelasnya. 

Akibat dari kecelakaan tersebut tiga orang mengalami luka-luka. Termasuk sopir dan dua penumpang bus Harapan Jaya. Sedangkan untuk 12 penumpang lainnya dalam keadaan sehat. Begitu juga pengemudi mobil Mitsubishi. 

“Korban luka-luka diantaranya, sopir bus Malik Alvian luka ringan lecet di jari kanan, dua penumpang Ayu Pratiwi dan Suciati mengalami luka ringan,” ujarnya. 

Iptu Tita lebih lanjut menerangkan, selain korban luka-luka, akibat kecelakaan tersebut bus dan mobil mengalami kerusakan yang cukup parah. Dengan estimasi kerugian sekitar Rp 45 juta. Sementara untuk sarana tol masih dalam proses perhitungan. (frd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow