HSN 2022 di Papar Kediri Diwarnai Pawai 1000 Oncor

22 Oct 2022 - 19:49
HSN 2022 di Papar Kediri Diwarnai Pawai 1000 Oncor
Pawai 1.000 obor warnai peringatan Hari Santri Nasional di Dusun Karanglo Desa Ngampel Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, Sabtu (22/10/2022). (foto : isa/afederasi.com).

Kediri, (afederasi.com) - Pawai 1.000 obor warnai peringatan Hari Santri Nasional di Dusun Karanglo Desa Ngampel Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, Sabtu (22/10/2022) malam. Pelaksanaan tersebut dilakukan di halaman masjid Dusun Karanglo oleh para santri dan warga setempat. 

Panitia acara, Budi Santoso mengatakan jika pawai obor ini telah berlangsung pada 2 tahun terakhir. Ia mengatakan jika pada hari ini dilakukan dengan menyalakan obor. Dimana obor bermakna cahaya yang mengibaratkan santri siap sedia mendarma baktikan kehidupannya bagi bangsa dan negara.

"Oncor ini adalah penerangan klasik pada jaman mbah kita dulu, ini juga lambang semangat dan cahaya agar santri atau kaum muda bisa mendarma baktikan kehidupannya bagi bangsa dan negara," ucapnya.

Selain pawai obor, acara peringatan HSN ini juga dimeriahkan oleh seni pencak silat, permainan bambu gila dan juga kesenian kethek an jaranan. Dengan tujuan santri dibekali berbagai keterampilan lain untuk turut berkontribusi dalam berbagai bidang pembangunan dan kebudayaan. 

"Kita angkat lagi biar kaum muda dan santri di sini mengetahui serta bisa melestarikan budaya khas disini," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu peserta pawai obor, Lusi Nisaul mengungkapkan sangat senang bisa berkontribusi dalam acara tersebut. Meski baru ikut pertama kalinya, ia bersama temannya mengaku telah menyiapkan obor dari sehari sebelum acara. 

"Senang, karena di era globalisasi ini banyak sekali pembelajaran yang diambil. Dari sini juga bisa tahu kesenian terdahulu dan kita bisa belajar untuk memperkenalkan ke semua teman," ungkapnya. (sya/dn) 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow