Dinkes : Pengadaan Alkes RSUD Campurdarat Ikuti Kurva Penyelesaian Pembangunan

Dinkes : Pengadaan Alkes RSUD Campurdarat Ikuti Kurva Penyelesaian Pembangunan
Nampak pembangunan RSUD Campurdarat dari sisi sebelah barat (erin/afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung menyatakan terkait pemenuhan pengadaan alat- alat kesehatan (alkes) di RSUD Campurdarat, pihaknya mengikuti kurva penyelesaian pembangunan. 

Kepala Dinkes Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmad, MMRS mengatakan untuk memenuhi kebutuhan alkes RSUD Campurdarat pihaknya bakal melakukan pemenuhan secara berkala atau bertahap mengikuti penyelesaian tahapan pembangunan gedung. 

"Kita akan penuhi bertahap, menyesuaikan jadinya pembangunan bertahap," jelasnya.

Menurut Kasil, pada anggaran tahun 2022 ini pihaknya sudah menganggarkan kebutuhan alkes. Untuk eksekusi pembeliannya bakal menunggu selesainya pembangunan tahap 2. 

"Sekitar Oktober pembangunan tahap 2 selesai. Sebagian nanti mulai kita isi alkesnya. Nanti ditambah lagi di Desember setelah selesai tahap 3," ujarnya. 

Kasil mengatakan, kebutuhan alkes tidak dianggarkan 100 persen. Namun mengikuti perkembangan pembangunan. 

Pihaknya melakukan pembelian alkes minimal sudah bisa dipakai untuk operasional rumah sakit. Seperti pelayanan instalasi gawat darurat (IGD), kamar bersalin, perlengkapan alkes untuk tindakan operasi. 

"Minimal untuk operasional awal rumah sakit itu alkesnya sudah ada," pungkasnya. 

Sementara itu dikonfirmasi di tempat berbeda, Direktur RSUD Campurdarat, dr Rio Ardona, MMRS mengatakan meski proses pembangunan gedung RSUD Campurdarat secara keseluruhan selesai pada Desember, namun di akhir Oktober mendatang pihaknya bakal membuka layanan tahap awal guna untuk mempermudah layanan kesehatan pada masyarakat. 

Pada akhir Oktober mendatang layanan yang sudah dibuka seperti layanan IGD, sebagian ruang pemeriksaan penunjang medik pasien, sebagian instalasi rawat inap (irna), dan sebagian rawat jalan. 

"Kami mempercepat membuka layanan kami, meski pengerjaan kontruksi gedung belum selesai sempurna," tandasnya. (er/dn)