Demokrat-Gerindra CLBK di Pilpres 2024, Basis Pendukung Prabowo Disebut Bakal Menguat

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran, Ari Ganjar Herdiansah, memandang bahwa kehadiran Partai Demokrat sebagai pendukung bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dapat membawa dampak positif dalam persaingan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

19 Sep 2023 - 10:31
 0
Demokrat-Gerindra CLBK di Pilpres 2024, Basis Pendukung Prabowo Disebut Bakal Menguat
Ketua Umum DPP Partai Gerindra yang juga Menhan Prabowo Subianto duduk bersama satu meja dengan Presiden ke enam RI yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di acara ulang tahun ke-64 Pepabri di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023). (Foto dok. Demokrat)

Jakarta, (afederasi.com) - Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran, Ari Ganjar Herdiansah, memandang bahwa kehadiran Partai Demokrat sebagai pendukung bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dapat membawa dampak positif dalam persaingan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya, partai berlambang mercy tersebut berpotensi memberikan tambahan suara yang signifikan bagi Prabowo, mengingat Partai Demokrat memperoleh sekitar 9 persen suara pada Pemilu 2019. Ari menilai bahwa angka tersebut dapat meningkat dan menjadi 9-11 persen suara di Pilpres 2024.

"Bisa memberikan tambahan suara, indikasinya Demokrat dapat 9 persen suara di 2019 dan diperkirakan dapat 9-11 persen di 2024," kata Ari dalam keterangannya dikutip Selasa (19/9/2023).

Ari juga menyoroti bahwa dukungan Partai Demokrat tidak hanya berdampak pada penambahan suara untuk Prabowo, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap Prabowo. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang dengan yakin menyatakan dukungan untuk Prabowo dan optimis bahwa Prabowo akan menjadi presiden di tahun depan.

"Tambahan ini signifikan tentunya ketika Demokrat bisa mengarahkan pemilihnya pada Prabowo," ujarnya.

Selain meningkatkan kepercayaan publik, dukungan Partai Demokrat juga mencerminkan kedekatan antara Prabowo dan SBY, yang dianggap sebagai modal penting dalam kembalinya cinta Demokrat kepada Gerindra. Ari menilai bahwa soliditas antara kedua partai tersebut sangat tergantung pada hubungan harmonis antara Prabowo dan SBY.

"Soliditas antara Demokrat dan Gerindra akan ditentukan dari relasi keduah tokoh terebut (Prabowo dan SBY)," tuturnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), secara langsung menyampaikan dukungan partainya kepada Prabowo Subianto, bakal calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dukungan tersebut diungkapkan saat pertemuan antara Partai Demokrat dan Prabowo beserta rombongan partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju. SBY percaya bahwa Prabowo akan memimpin Indonesia melalui pilpres yang akan datang dan menyatakan kesiapannya untuk turun gunung memenangkan mantan Danjen Kopassus tersebut di Pilpres 2024.

"Saya yakini dengan izin Allah masa pak Prabowo untuk memimpin kita semua adalah melalui pilpres yang akan datang," kata SBY sebagaimana dikutip Suara.com melalui akun Instagram @amanatnasional pada Senin (18/9/2023). Dalam kesempatan yang sama, SBY juga mengaku siap turun gunung untuk memenangkan Prabowo. "For you saya siap turun gunung," ucapnya. (mg-3/jae)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow