Daftar 1.108 Obat Sirup Aman Gagal Ginjal Akut: Nyari 100 Persen Selesai Diperiksa!

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini mengumumkan kesuksesan mereka dalam memeriksa 54 obat sirup yang terbebas dari bahan baku beracun seperti etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG), yang dikenal sebagai penyebab gagal ginjal akut.

14 Sep 2023 - 09:15
Daftar 1.108 Obat Sirup Aman Gagal Ginjal Akut: Nyari 100 Persen Selesai Diperiksa!
Ilustrasi obat terlarang (Antara)

Jakarta, afederasi.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini mengumumkan kesuksesan mereka dalam memeriksa 54 obat sirup yang terbebas dari bahan baku beracun seperti etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG), yang dikenal sebagai penyebab gagal ginjal akut. Dengan tambahan ini, sudah ada 1.108 obat sirup anak yang telah dinyatakan aman oleh BPOM. Hal ini menciptakan kepastian dan kelegaan bagi masyarakat yang khawatir akan keselamatan obat sirup yang dikonsumsi anak-anak mereka.

Dalam upaya untuk memastikan keselamatan obat-obatan sirup anak, BPOM telah melakukan verifikasi menyeluruh terhadap 1.202 objek. Dengan tambahan 54 obat sirup yang baru saja diumumkan aman, sekarang telah mencapai tingkat keberhasilan hingga 92,2 persen. Ini adalah tonggak penting dalam memastikan keselamatan obat-obatan yang dikonsumsi oleh anak-anak. Sehingga, semua obat sirup dipastikan aman untuk dikonsumsi oleh generasi penerus bangsa.

BPOM tidak hanya berhenti pada tahap ini. Mereka sedang melakukan tahap akhir verifikasi hasil pengujian terhadap bahan baku dan produk sirop obat. Proses ini telah berlangsung sejak 26 Oktober 2022 dan merupakan langkah krusial dalam menyelesaikan penanganan kasus obat sirup. Zat-zat seperti gliserin, propilen glikol, polietilen glikol, atau sorbitol adalah beberapa yang dijadikan acuan dalam menentukan apakah obat sirup aman atau tidak.

BPOM telah menegaskan bahwa mereka akan terus melakukan verifikasi hasil pengujian bahan baku obat atau sirup obat berdasarkan kriteria-kriteria ketat. Hal ini mencakup kualifikasi pemasok, pengujian bahan baku setiap kedatangan, pemeriksaan wadah, metode pengujian yang mengikuti standar atau farmakope terkini, serta informasi lainnya yang diperlukan untuk memastikan mutu, keamanan, dan khasiat obat.

BPOM telah menegaskan komitmennya untuk terus memperbarui informasi terkait hasil pengawasan terhadap sirop obat. Informasi ini akan disampaikan secara bertahap dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan didasarkan pada database registrasi produk di BPOM, serta verifikasi hasil pengujian bahan baku dan produk sirop obat. BPOM juga berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan dan penindakan hukum di sektor farmasi.

Bagi masyarakat yang ingin mengecek daftar produk sirup obat yang memenuhi ketentuan dan aman digunakan, dapat mengunjungi situs resmi BPOM di https://www.pom.go.id/sirop-aman. Situs ini menyediakan informasi yang lengkap dan terpercaya terkait keselamatan obat sirup anak yang ada di pasaran. Dengan informasi ini, masyarakat dapat lebih yakin tentang obat yang mereka berikan kepada anak-anak mereka.(mg-2/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow