Revitalisasi Pasar Campurdarat, Disperindag Usulkan Anggaran Rp7 Miliar

11 Dec 2022 - 20:46
 0
Revitalisasi Pasar Campurdarat, Disperindag Usulkan Anggaran Rp7 Miliar
Nampak seorang penjual di depan Pasar Campurdarat yang sedang menunggu barang dagangannya (erin/afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tulungagung mencoba kembali mengusulkan anggaran senilai Rp7 Miliar melalui APBD 2023, yang direncanakan untuk revitalisasi Pasar Campurdarat. 

Kepala Disperindag Kabupaten Tulungagung, Tri Hariadi mengatakan selain mengajukan usulan anggaran untuk revitalisasi tersebut melalui APBD pihaknya juga tetap meminta bantuan anggaran ke Kementrian Perdagangan (Kemendag). 

Sebab, apabila seluruh beban anggaran untuk revitalisasi pasar tersebut dibebankan kepada pihak pemkab maka sangat memberatkan. 

"Untuk revitalisasi pasar itu butuh dana sekitar Rp16 Miliar, kami usulkan di APBD sesuai kemampuan pemkab," ujarnya. 

Menurut Tri, meski usulan proposal terus ditolak, pihaknya akan mengulang mengajukan proposal anggaran ke Kemendag di 2023 mendatang. 

"Terus ditolak oleh kementrian dan provinsi, namun akan kami ajukan terus," katanya. 

Disinggung alasan kementrian terus menolak, pihaknya mengatakan kementrian pusat telah memiliki prioritas selain untuk revitalisasi Pasar Campurdarat.

Selain itu pihak kementrian lebih mengutamakan pasar- pasar yang masuk ke dalam keputusan presiden (Kepres), sehingga pengajuan pada tahun ini ditolak.

"Tahun lalu sudah kami usulkan, lalu tahun ini kami usulkan kembali, tapi tetap ditolak," terangnya. 

Tri menambah, meskipun Pasar Campurdarat belum direvitalisasi namun kegiatan jual beli di pasar tersebut kini sudah normal kembali. Pasalnya, pihaknya telah mendirikan tempat penjualan sementara (TPS) yang bisa digunakan untuk berjualan pedagang yang terdampak kebakaran waktu lalu. 

"Kegiatan jual beli sudah normal, ya semoga bantuan dari pusat segera turun agar bisa segera dilakukan revitalisasi secara menyeluruh," tandasnya. 

Sekedar informasi, telah terjadi kebakaran di Pasar Campurdarat pada Rabu (17/3/2021) lalu. Yang menyebabkan 60 persen area pasar terbakar dan menimpa 172 pedagang yang kini harus menempati TPS yang telah disediakan, di sisi bagian barat pasar. (er/dn) 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow