Joss! Tiga BUMN Ini Dapat Guyuran PMN Rp4,5 T dari Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengusulkan tambahan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp4,514 triliun untuk tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun 2023.

13 Sep 2023 - 09:27
Joss! Tiga BUMN Ini Dapat Guyuran PMN Rp4,5 T dari Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengusulkan tambahan penyertaan modal negara (PMN) untuk tiga BUMN sebesar Rp4,514 triliun untuk tahun 2023.

Jakarta, (afederasi.com) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengusulkan tambahan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp4,514 triliun untuk tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun 2023. PMN ini akan didanai dari cadangan pembiayaan investasi, yang bertujuan untuk mendukung proyek-proyek strategis yang dijalankan oleh BUMN. 

Salah satu BUMN yang akan mendapatkan alokasi PMN adalah PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI), yang akan menerima dana sebesar Rp3 triliun. Selanjutnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) juga akan mendapatkan PMN sebesar Rp1,014 triliun. Sedangkan PT Bina Karya (Persero) akan menerima alokasi sebesar Rp500 miliar.

Menteri Sri Mulyani menjelaskan, "Untuk PT Aviasi Pariwisata Indonesia, PNM diberikan untuk restrukturisasi dari ITDC dalam rangka penugasan meningkatkan kualitas infrastruktur untuk KEK Mandalika dan pembangunan serta pengembangan KEK Sanur oleh HIN." Penyertaan modal ini bertujuan untuk mengoptimalkan proyek-proyek strategis di sektor pariwisata.

PMN senilai Rp4,514 triliun yang diajukan oleh Menteri Keuangan juga akan digunakan untuk belanja modal atau capital expenditure (capex). Capex ini akan mendukung penugasan BUMN dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) khususnya dalam sektor telekomunikasi dan infrastruktur dasar.

Menteri Sri Mulyani menjelaskan, "Ini adalah BUMN yang nanti dikonversi menjadi milik badan usaha otoritas IKN. Ini adalah bentuk PMN capex pertama di dalam rangka BUMN yang nanti dikelola otoritas IKN bisa melakukan kegiatan-kegiatan termasuk kerja sama dengan swasta. Ini terutama untuk membangun IKN di bidang telekomunikasi dan infrastruktur dasar."

Dengan demikian, PMN ini diharapkan akan membantu percepatan pembangunan Ibu Kota Negara serta meningkatkan kualitas infrastruktur yang dibutuhkan untuk proyek-proyek strategis di masa depan.(mg-2/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow