Jalan Sehat Jombangdelik Heroik Beseragam Merah Putih

Warga di perbatasan Gresik dengan Lamongan ini, menggelar serangkaian kegiatan HUT kemerdekaan RI ke 78, di antaranya menggelar Jalan Sehat Heroik.

03 Sep 2023 - 07:38
Jalan Sehat Jombangdelik Heroik Beseragam Merah Putih
Peserta jalan sehat di Desa Jombangdelik, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. (Fahrudin/afederasi.com)

Gresik, (afederasi.com) - Beragam cara yang dilakukan masyarakat untuk memeriahkan Hari Kemerdekan RI ke 78, diantaranya menggelar karnaval, pawai Budaya, lomba gerak Jalan, sholawat, jalan aehat dan juga pagelaran wayang kulit.

Akan tetapi, yang dilakukan warga Dusun Delik Desa Jombangdelik Kecamatan Balongpanggang ini terkesan unik. Warga di perbatasan Gresik dengan Lamongan ini, menggelar serangkaian kegiatan HUT kemerdekaan RI ke 78, di antaranya menggelar Jalan Sehat Heroik 

Di ikuti ratusan peserta dari anak, remaja dan orang tua, Jalan Sehat Heroik berlangsung semarak dan meriah. Para peserta dibagi masing-masing RT dan membawa satu mobil pick up berisi sound system. Peserta juga memakai seragam yang bernuangsa merah putih.

Sepanjang perjalanan yang dilalui, para peserta terus meluapkan rasa gembira. Berjoget bersama mengikuti alunan musik sound system di atas mobil pick up. Kadang peserta berhenti beberapa menit sambil perform.

Tidak hanya itu, warga sekitar menyambut peserta jalan sehat dengan menyediakan makanan dan minuman secara gratis sepanjang jalan.

"Kegiataan jalan sehat ini merupakan rangkaian kegiatan untuk merayakan hari Kemerdekan RI ke-78 dengan semangat membangun kebersamaan, kekompakan, gotong royong dan menjalin silaturrahmi antar warga," jelas Kades Jombangdelik, Sudarman, Sabtu (02/09/2023).

Masih menurutnya, partisipasi masyarakat sangat luar biasa. Hal ini tercermin dari antusias dan suka cita warga. Bahkan, warga secara spontan menyediakan beragam minum dan makanan ringan gratis untuk peserta jalan sehat.

"Saya sangat mengapresiasi semangat warga. Kegiatan ini, murni swadaya warga untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI. Kekompakan dan antusias warga sangat luar biasa," ujar Sudarman.

Setelah jalan sehat, juga akan digelar panggung hiburan yang akan menampilkan kesenian tradisional kuda lumping. Para peserta jalan sehat akan mendapatkan kupon dan nantinya akan diundi pada malam panggung hiburan.

"Pentas seni kuda lumping ini merupakan bagain dari cara Pemerintahan Desa (Pemdes) Jombangdelik melestarikan budaya nenek moyang. Kami berharap melalui kegiatan ini, semangat gotong royong dan cinta terhadap Tanah Air bisa semakin mengakar di hati setiap individu terutama warga Desa Jombangdelik," pungkasnya. (frd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow