Ikan Lele Asap: Peluang Usaha Menguntungkan dan Oleh-oleh Khas Banyuasin

Cara pembuatan ikan lele asap menjadi perbincangan hangat di Desa Tanjung Tiga, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

23 Nov 2023 - 09:54
Ikan Lele Asap: Peluang Usaha Menguntungkan dan Oleh-oleh Khas Banyuasin
Sukarelawan Wong Kito Dewe menggelar pelatihan ikan lele asap.

Banyuasin, (afederasi.com) - Cara pembuatan ikan lele asap menjadi perbincangan hangat di Desa Tanjung Tiga, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Wong Kito Dewe, sebuah kelompok sukarelawan, menggelar pelatihan ini dengan mengusung konsep yang sederhana. Menurut mereka, cita rasanya yang lezat dapat diperoleh tanpa perlu mencampurkan tambahan bahan apapun, hanya dengan melewati proses pengasapan.

"Dengan harga ikan lele yang cukup murah dan pasokannya yang gampang ditemukan, kami melihat peluang besar untuk mengembangkan ikan lele asap di sini," ujar Korda Wong Kito Dewe Banyuasin, Indra Kasuma seperti yang dilansir dari Suara.com media partner afederasi.com. Ide ini tidak hanya dianggap sebagai inovasi kuliner, tetapi juga sebagai peluang usaha yang dapat memberikan keuntungan signifikan bagi warga desa.

Indra menyoroti potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah di Banyuasin, khususnya hasil tangkapan ikan para nelayan. Dengan mengolah ikan lele menjadi ikan asap, para nelayan dapat meraup cuan yang lebih tinggi. Proses pembuatannya juga bisa dilakukan langsung dari rumah, melibatkan peran istri para nelayan sebagai pengelola usaha rumahan.

"Takaran satu kilogram ikan lele asap setara dengan empat kilogram ikan lele segar. Dengan harga jual yang mencapai tiga kali lipat dari ikan segar, peluang ekonomi diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan wilayah," jelas Indra.

Meskipun peredaran ikan lele asap masih terbatas di daerah Palembang dan sekitarnya, Indra berharap bahwa produk ini dapat menjadi oleh-oleh khas Banyuasin yang merambah pasar nasional. "Kami berharap ikan lele asap dapat dijadikan oleh-oleh khas Banyuasin yang diminati di seluruh Indonesia. Ini bukan hanya tentang meningkatkan pendapatan, tetapi juga memperkenalkan kuliner khas daerah kepada masyarakat luas," tambah Indra.

Dengan harapan tersebut, pelatihan ikan lele asap di Desa Tanjung Tiga bukan hanya memberikan dampak positif pada perekonomian lokal tetapi juga membuka peluang bagi kuliner khas daerah untuk dikenal secara lebih luas di tingkat nasional.(mg-3/jae)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow