Hadiri Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2022, Ini Pesan Khofifah

Hadiri Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2022, Ini Pesan Khofifah
Gubernur Khofifah menghadiri peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2022 di Kebun Raya Mangrove Surabaya. (ist)

Surabaya, (afederasi.com) - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2022 di Kebun Raya Mangrove Surabaya.

"Peringatan Hari Statistik Nasional ini adalah bagian upaya penguatan Pemprov untuk melakukan percepatan Satu Data Jatim," ujar Gubernur Khofifah dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik Jawa Timur (BPS Jatim) ini.

Gubernur Khofifah meyakini, transparasi dan validasi data dari BPS sangat diperlukan sebagai referensi bagi pengambilan keputusan Pemprov Jatim.

"Saya pun selalu meminta rekomendasi dari hasil survei BPS karena hal itu bisa menjadi referensi terhadap bagaimana kami merumuskan kebijakan-kebijakan strategis yang lebih tepat sasaran dan memberi manfaat yang signifikan," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Khofifah menyerahkan bantuan kepada perwakilan kelompok pembudidaya ikan, berupa:

• 7.700 benih Ikan Bandeng dan 77.000 benur Udang Faname.

2.609 bibit Mangrove.

400 batang Cemara Udang.

Selain itu, juga ada peninjauan laboratorium mobil klinik yang terhubung dengan sistem tambak lingkungan dalam rangka digitalisasi di masyarakat pesisir untuk perikanan uji air dan uji penyakit ikan.

Adapun rangkaian kegiatan HSN 2022 adalah Jatim Sensus Festival dan Lomba Penulisan Opini oleh BPS Kabupaten/Kota se-Jatim.

Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan menerangkan alasan penyelenggaraan HSN 2022 di Kebun Raya Mangrove.

"Ini merupakan salah satu upaya mendekatkan diri pada responden rata terutama terkait pertanian, baik pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan. Apalagi, kita akan menyukseskan sensus pertanian yang akan dilakukan pada tahun 2023 mendatang," tutur Kepala BPS Jatim. (dn)