CCSI Konektivitas Digital, Mitsui&Co.Ltd. Jepang, dan Pracheta Nusa Telekom Kerja Sama Tingkatkan Konektivitas Digital

Perusahaan teknologi Indonesia, PT CCSI Konektivitas Digital (CCSIKD), telah menjalin kemitraan bersejarah yang akan mengubah lanskap sektor telekomunikasi di Indonesia.

15 Sep 2023 - 13:43
CCSI Konektivitas Digital, Mitsui&Co.Ltd. Jepang, dan Pracheta Nusa Telekom Kerja Sama Tingkatkan Konektivitas Digital
Kerja sama meningkatkan konektivitas digital Indonesia. (Dok: Varuna Cable System)

Jakarta, afederasi.com - Perusahaan teknologi Indonesia, PT CCSI Konektivitas Digital (CCSIKD), telah menjalin kemitraan bersejarah yang akan mengubah lanskap sektor telekomunikasi di Indonesia. Bersama dengan anak perusahaan PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk. (CCSI) dan PT Pracheta Nusa Telekom (Pracheta), yang juga merupakan anak perusahaan dari PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) dan Mitsui & Co., Ltd. dari Jepang (Mitsui), mereka telah menandatangani Perjanjian Usaha Patungan yang ambisius.

Inisiatif ini memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu mengembangkan jaringan kabel bawah laut antarpulau yang menghubungkan pulau-pulau besar di Indonesia. Dikenal dengan nama Varuna Cable Systems (Varuna), jaringan ini membentang sejauh 4.100 km dan menghubungkan pulau-pulau seperti Jawa, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Sulawesi, Kalimantan, dan Madura.

Salah satu aspek penting dari proyek ini adalah adanya 2.700 km kabel bawah laut dan 1.400 km kabel darat. Kedua jenis kabel ini akan memainkan peran sentral dalam penyediaan konektivitas digital ke Ibu Kota Nusantara (IKN), yang merupakan ibu kota baru Indonesia yang sedang dalam pembangunan.

Ketika melihat perkembangan ekonomi digital di luar Pulau Jawa, terlihat bahwa infrastruktur telekomunikasi masih kurang berkembang di banyak daerah. Dalam konteks ini, Varuna Cable Systems muncul sebagai fondasi utama yang akan membantu mewujudkan visi teknologi Indonesia di masa depan.

Perusahaan patungan yang baru dibentuk, PT Varuna Cahaya Santosa (VCS), menggabungkan keahlian dan semangat pionir dari perusahaan-perusahaan induknya. CCSI, yang telah menjadi pelopor di industri kabel optik Indonesia sejak tahun 1996, merupakan yang pertama yang memproduksi kabel bawah laut dengan Sertifikasi Internasional.

Sementara itu, Matrix NAP Info memiliki sejarah prestasi luar biasa selama lebih dari 20 tahun, sebagai operator kabel bawah laut dan penyedia layanan internet Indonesia dengan layanan bandwidth internasionalnya. Mitsui & Co., Ltd. dari Jepang juga telah menjadi investor kunci dalam proyek-proyek kabel bawah laut skala besar lainnya, seperti Juno Cable.

Peter Djatmiko, CEO dari CCSI dan VCS, menyatakan, "Varuna Cable Systems adalah bukti visi kami untuk meningkatkan lanskap digital di luar Jawa. Melalui kerjasama dengan Matrix NAP Info dan Mitsui, kami siap menjadi pemimpin pasar dalam bisnis kabel bawah laut di Indonesia."

Sementara itu, Omar Syarif Nasution, Direktur Matrix NAP Info, menekankan bahwa jaringan Varuna akan melengkapi dan memperluas layanan Matrix NAP Info di dalam negeri, membuka bab baru dalam perjalanan mereka yang akan melampaui Pulau Jawa. Kolaborasi ini diharapkan akan mendukung pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri secara inklusif.

Proyek Varuna juga memperkuat pembangunan infrastruktur digital di kawasan timur Indonesia, sesuai dengan visi pembangunan bangsa. Mitsui & Co., Ltd. turut ambil bagian dalam pengembangan proyek ini sebagai bagian dari strategi bisnis mereka dalam infrastruktur digital. Shinichi Kikuchihara, Presiden Direktur PT Mitsui Indonesia, mengakhiri dengan mengatakan bahwa Mitsui akan memanfaatkan pengetahuan yang mereka peroleh dari pengalaman pengembangan proyek infrastruktur di seluruh dunia untuk mendorong kemajuan, memberdayakan masyarakat, dan membentuk masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia.(mg-2/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow