Bus Tanpa Awak Bakal Jadi Transportasi di IKN Nusantara

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur akan segera menyediakan transportasi dengan teknologi modern yang akan memudahkan para warga.

19 Sep 2023 - 11:24
Bus Tanpa Awak Bakal Jadi Transportasi di IKN Nusantara
Ilustrasi IKN Nusantara. [instagram/nyoman_nuarta]

Jakarta, (afederasi.com) - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur akan segera menyediakan transportasi dengan teknologi modern yang akan memudahkan para warga. Salah satu inovasinya adalah penggunaan bus tanpa awak yang akan menjadi alat transportasi utama di IKN. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono, menjelaskan bahwa meskipun bus tanpa awak belum tersedia dalam waktu dekat, namun rencananya akan dapat dinikmati oleh masyarakat pada tahun 2025 atau 2026.

"Diharapkan dengan uji coba yang mumpuni, kita dapat menerapkan teknologi bus tanpa awak dalam 2-3 tahun ke depan," ujarnya, Selasa (19/9/2023).

Bambang menambahkan bahwa teknologi yang akan digunakan dalam pengoperasional bus tanpa awak di IKN Nusantara adalah yang terkini dan tercanggih di abad ini.

"Kami harapkan juga sudah terdapat beberapa peralatan yang memang menggunakan teknologi paling mutakhir," jelas Bambang.

Tidak hanya itu, pemerintah juga berencana membangun berbagai fasilitas modern untuk memanjakan warga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satunya adalah transportasi kereta api yang akan menjadi pilihan alternatif bagi para warga. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Risal Wasal, mengungkapkan bahwa sedikitnya ada empat proyek kereta api yang akan dibangun di IKN.

"Kereta api bandara, kedua di dalam perkotaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), lalu di perkotaan di dalam Kalimantan," ujarnya saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Selasa (5/9/2023).

Namun, warga IKN Nusantara harus bersabar karena proyek kereta api ini baru akan dimulai setelah tahun 2025. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk terus memperbarui dan meningkatkan infrastruktur transportasi di IKN demi kenyamanan dan efisiensi bagi para penduduknya. (mg-3/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow