Aksi Penjambretan Terekam CCTV, Polisi Buru Pelaku

Aksi Penjambretan Terekam CCTV, Polisi Buru Pelaku
Hasil rekaman CCTV, di lokasi penjambretan masuk Desa Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol (ist)

Tulungagung, (afederasi.com) - Kepolisian Polsek Sumbergempol melakukan penyelidikan atas kasus penjambretan kepada lansia asal Desa Sambirobyong, Kecamatan Sumbergempol, pada Senin (26/9/2022) pagi.

Kapolsek Sumbergempol, Iptu Guruh Yudhi Setiawan melalui Kanit Reskrim Aiptu Mukadi, menjelaskan kejadian berawal ketika adanya laporan dari Pemerintah Desa Sambirobyong ke Polsek sumbergempol bahwa adanya kasus penjambretan yang dilakukan oleh dua pemuda atas korban lansia umur kisaran 60-70 tahun sekitar pukul 08.00 WIB. 

Menindaklanjuti laporan tersebut kemudian petugas menuju ke lokasi untuk melakukan penyisiran. Kemudian petugas mendapati bahwa adanya lansia yang mengaku kehilangan barang berharga berupa kalung emas dengan berat 10 gram atau sekitar Rp 3 Juta, yang dipakainya.

"Jadi kejadian sekitar pukul 07.00 WIB, di rumah korban," jelas Mukadi, Senin (26/9/2022).

Mukadi melanjutkan, usai kejadian tersebut petugas menggali informasi dan didapati kronologi atas kejadian tersebut. Dimana kejadian berawal ketika adanya dua pemuda berboncengan menggunakan sepeda motor, kemudian dua pemuda tersebut berhenti di dekat jalan dan yang satu menghampiri lansia yang sedang menyapu di halaman rumahnya.

Pemuda yang menghampiri lansia tersebut berpura - pura meminta izin kepada lansia tersebut untuk meminta buah mangga yang ada di halaman rumahnya. Atas permintaan pemuda tersebut lansia tersebut menerima dengan ramah dan bahkan mengambilkan galah dan sabit untuk mengambil mangga yang masih berada diatas pohon tersebut.

Ketika lansia tersebut sedang memegang galah dan sabit ditangannya yang akan diberikan kepada pemuda tersebut, kemudian pemuda tersebut merampas kalung emas yang dikenakan lansia tersebut. 

Usai berhasil mendapatkan barang rampasannya, pemuda tersebut kemudian menghampiri temannya yang menunggu diatas motor tepat berada di pinggir jalan dan kemudian langsung tancap gas meninggalkan korban. 

"Pelaku kelihatannya sudah merencakanan untuk merampas kalung emas lansia tersebut," jelasnya. 

Usai hal tersebut polisi kemudian menyisir, CCTV disekitar TKP dan didapati rekaman video dari sebuah masjid yang menghadap langsung ke rumah korban. 

"Dari rekaman didapati bahwa pelaku mengunakan sepeda motor Vario, warna hitam," katanya. 

Beberkal keterangan saksi dan rekaman CCTV kini petugas melakukan penyelidikan terhadap pelaku.

"Kasus masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," pungkasnya. (riz/dn)