Sukses Gandrung Sewu 2023 Ikhtiar Pemkab Dukung Misi Program Banyuwangi Rebound

Festival Gandrung Sewu 2023 mampu menyihir ribuan penonton baik langsung maupun online yang melihat pertunjukan atraksi seni kelas dunia di Pantai Boom Marina, Banyuwangi, Jawa Timur

18 Sep 2023 - 12:36
Sukses Gandrung Sewu 2023 Ikhtiar Pemkab Dukung Misi Program Banyuwangi Rebound
Penari gandrung saat dipasangi 'Omprog' atau mahkota penari gandrung yang dijadikan tema Festival Gandrung Sewu Banyuwangi 2023. (Humas Pemkab Banyuwangi/afederasi.com)

Banyuwangi, (afederasi.com) - Festival Gandrung Sewu 2023 yang kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jawa Timur, mampu menyihir ribuan penonton baik langsung maupun online yang melihat pertunjukan atraksi seni kelas dunia di Pantai Boom Marina, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Dengan mengusung tema “Omprog: The Glory of Art”. Festival Gandrung Sewu 2023 mempertunjukan tarian kolosal dengan 1200 penari dan 150 talenta pendukung yang semakin membuat para wisatawan dalam maupun luar negeri semakin berdecak kagum dengan atraksi seni tari kebudayan yang dimiliki oleh Banyuwangi. 

Gelaran Festival Gandrung Sewu Banyuwangi 2023, berbeda dari pelaksanaan event sebelumnya. Dengan digelar selama tiga hari, merupakan bukti nyata Pemkab Banyuwangi berkomitmen dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat sebagai pendukung misi program Banyuwangi Rebound. 

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengatakan, Festival Gandrung Sewu Banyuwangi 2023 tidak hanya menyuguhkan pertunjukan tari yang atraksi dan menawan. Namun juga mampu memberikan efek ganda atau Multiplier effect. Selain sebagai ajang pelestarian budaya lokal, gelaran tersebut juga mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik.

"Kami memperkuat Festival Gandrung Sewu dengan digelar selama tiga hari. Tujuannya, sebagai pelestarian budaya lokal Tari Gandrung dan menciptakan pertumbuhan ekonomi," kata Bupati Ipuk.

Festival Gandrung Sewu, lanjut Ipuk, sejak awal dicetuskan pada 2012, gelaran pertunjukan tarian gandrung rutin digelar setiap tahun. Tahun ini, mengangkat tema 'Omprog' atau mahkota penari gandrung yang merupakan ikon kuat yang akan menjadikan Tarian Gandrung semakin mendunia. 

"Kami terus berupaya membantu UMKM. Dalam setiap kalender event Banyuwangi selalu memberi kesempatan kepada UMKM untuk tampil," ungkapnya.

Festival Gandrung Sewu yang menjadi daya tarik tersendiri untuk Banyuwangi, banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satunya adalah, Mohammad Pandji yang menjual berbagai macam kuliner lokal. Pihaknya, bisa mendapat penghasilan meningkat dari biasanya.

"Sangat senang, terlebih Gandrung Sewu 2023 digelar selama tiga hari. Jadi, sejak hari pertama sudah merasakan manfaat," terangnya. 

Untuk diketahui Festival Gandrung Sewu 2023 juga turut dimeriahkan atraksi dari Pasukan TNI AU dalam rangkaian Semarak Dirgantara. Atraksi ini menampilkan berbagai aksi atraksi udara para prajurit TNI AU. Ada penampilan 15 penerjun pembawa bendera, Flypast 4 pesawat tempur EMB-314 Super Tucano dan Flypast 3 pesawat tempur T-50i golden eagle. (ron)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow