Peserta Dari Luar Pulau, Ramaikan Kejuaraan Bulutangkis Bupati Cup Open 2022 di Tulungagung

Peserta Dari Luar Pulau, Ramaikan Kejuaraan Bulutangkis Bupati Cup Open 2022 di Tulungagung
Terlihar salah satu pemain Kejuaraan Bulutangkis Bupati Cup Open 2022 yang hendak melakukan servis (deny/afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) – Antusias peserta dalam Kejuaraan Bulutangkis Bupati Cup Open 2022, yang digelar selama sepekan di Gedung Cakra Jaya, Desa Boro, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung sangatlah tinggi.

Buktinya, peserta dalam event tahunan tersebut tidak hanya dari Jawa Timur, melainkan dari Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta bahkan ada peserta yang dari luar pulau seperti Papua dan Kalimantan Tengah.

Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo pada Sabtu, (3/12/2022) itu untuk menjaring bibit atlet bulutangkis guna bertarung di kancah nasional maupun internasional.

Ketua Umum PBSI Tulungagung, Susilowati mengatakan setelah vakum selama kurang lebih 2 tahun tidak menyelenggarakan kejuaraan besar karena pandemi, kini pihaknya kembali menyelenggarakan kejuaraan

Bahkan dalam kejuaraan Bulutangkis Bupati Cup Open 2022 ini diikuti oleh 119 club dengan total peserta sebanyak 960 peserta. Jumlah ini cukup fantastis jika dibandingkan dengan kejuaraan 2021 lalu. Di tahun lalu kejuaraan bulutangkis diikuti oleh 536 peserta.

"Karena ini bupati cup, jumlah peserta hampir 2 kali lipat jika dibandingkan dengan 2021," terangnya. 

Menurut Susilowati kejuaraan seperti ini merupakan momentum yang harus diikuti para atlet bulutangkis yang sudah gigih berlatih untuk turut berkompetisi, menunjukkan skil kemampuannya. 

Selain sebagai ajang berkompetisi, kejuaraan ini bisa digunakan untuk meningkatkan prestasi kejuaraan mereka agar bisa mencapai ke jenjang yang lebih tinggi.

"Ini merupakan wadah untuk mereka agar bisa berkompetisi mengasah skill dan meraih prestasi," tuturnya. 

Susilowati juga berharap muncul bibit- bibit atlet yang potensial khususnya dari lokal Tulungagung. Mengingat sebenarnya dari dulu di Tulungagung sudah ada banyak pemain senior yang bertanding hingga kejuaraan nasional. 

"Kita juga bisa mencari bibit atlet yang unggul untuk nantinya agar bisa mengikuti kejuaraan di tingkat nasional," tandasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Tri Agus Priyono selaku ketua panitia Kejuaraan Bulutangkis Bupati Cup Open 2022 mengatakan dalam kejuaraan ini total hadiah yang telah disediakan lumayan cukup besar yakni sekitar Rp108 Juta.

Hadiah bagi para pemenang nantinya bakal diberikan dalam per kategori. 

"Besarannya nanti tergantung pada kategori yang diikuti, kalau totalnya senilai Rp108 juta," ungkapnya.

Agus yang  juga selaku Wakil Ketua PBSI Tulungagung ini mengucapkan banyak terima kasih terhadap semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Baik dari pemerintah daerah maupun dukungan dari sponsor.

Adapun sponsor yang mendukung dalam kegiatan ini meliputi  PT Sun Star Motor Kediri, PT Astra Isuzu Waru Sidoarjo,  PT Dipo Internasional Pahala Otomotif Madiun dan PT Cipta Griya Nusantara, serta BRI.

“Terima kasih atas dukungan para sponsor, semoga acara ini berjalan lancer hingga final. Serta terciptalah bibit atlet bulutangkis dari Tulungagung,” pungkasnya. (er/dn)