Persik Kediri Dipermalukan Mantan Pelatih di Kandang Sendiri, Skor Tipis 1-0 atas Arema FC

Persik Kediri Dipermalukan Mantan Pelatih di Kandang Sendiri, Skor Tipis 1-0 atas Arema FC
Persik Kediri kalah 1-0 dari Arema FC di Stadion Brawijaya Kota Kediri. (foto : MO Persik Kediri).

Kediri, (afederasi.com) - Mantan pelatih Persik Kediri, Javier Roca berhasil membawa tiga poin penuh dari Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Sabtu (17/9/2022) petang.

Kemenangan tipis 1 - 0 ini menjadi debut perdananya untuk tim yang dilatih saat ini yakni Arema FC Malang. 

Kemenangan tersebut disambut gembira Roca yang terlihat sujud syukur di lapangan usai pertandingan berakhir. 

"Saya bersyukur tiga poin pertama bagi saya dengan Arema FC," ucap Roca usai pertandingan. 

Pelatih yang baru mengakhiri kerjasama dengan Persik Kediri satu bulan lalu ini menganggap tiga poin yang didapatkan itu sangat berarti dan juga susah payah didapatkan. Sebab, meski bisa mencuri satu gol lewat tendangan Irsyad Maulana di menit ke 81, ia mengakui pertahanan Persik Kediri sangat solid. 

"Saya applause kepada Persik setelah berhasil menahan pemain Arema selama 80 menit. Tapi akhirnya kami bisa memasukkan gol setelah kami kesusahan menembus Persik," imbuhnya. 

Dilihat dari jalannya pertandingan, pada 45 menit pertama kedua tim memang terus saling serang. Terhitung ada 10 kali para pemain dari Persik dan Arema terjatuh akibat benturan antar pemain. Dua kartu kuning di babak pertama juga dikeluarkan oleh wasit. Namun hasil tetap imbang dengan skor 0-0.

Di babak kedua, setelah ada pergantian pemain, Persik tampil menekan. Bola sempat masuk ke gawang Arema yang dijaga Adilson Maringa, namun gol dianulir wasit karena saat prosesi gol, Maringa dilanggar. Skor masih tetap 0-0.

Hingga pada menit ke-81, bola umpan set piece dari sisi kanan Arema yang masuk ke area penjaga gawang, terpental. Bola liar itu dimaksimalkan oleh Irsyad Maulana.

Para pemain Persik yang di sekitar area juga serempak mengangkat tangan. Seolah mengindikasikan Irsyad dalam posisi foul, atau offside. 

Namun gol tetap disahkan oleh wasit. Stadion Brawijaya terdiam pada 10 menit akhir. Setelah Singo Edan membungkan Macan Putih di kandang sendiri dengan skor akhir 1-0 atas kemenangan Arema FC. 

Atas hasil ini, Pelatih Persik Kediri, Divaldo Alves usai pertandingan menuturkan jika masalah finishing akhir pemain masih menjadi momok bagi tim Macan Putih. 

"Kurang beruntung dalam finishing juga tadi kami," kata Alves.

Terkait pertandingan yang kurang berjalan dengan baik, Alves meminta maaf kepada masyarakat Kediri. Ini merupakan kekalahan pertama saat Alves memegang Persik. Ia mengatakan hal ini akan menjadi evaluasi bagi seluruh tim. 

"Harus fokus kedepannya. Agresivitas pertandingan hari ini juga baik, dan tetap harus ditingkatkan," ungkapnya. (sya/dn)