Mewah dan Sakral, Kaesang - Erina Resmi Menikah

Mewah dan Sakral, Kaesang - Erina Resmi Menikah
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi menikah dan menjadi suami dan istri, usai ijab kabul yang dilangsungkan di Pendopo Agung Ambarrukmo, Sabtu (10/12). (ist)

Sleman, (afederasi.com) – Putra bungsu presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi menikah dengan Erina Gudono, usai ijab kabul yang dilangsungkan di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Kaesang mengucapkan ijab kabul dengan lancar, mengikuti ucapan wali nikah Erina, Allen Adam Gudono yang merupakan kakak kadung Erina. Kaesang memberikan mahar berupa uang tunai Rp300 ribu; empat batang emas dengan berat 10, 12, 20, 22 gram; dan seperangkat alat salat.

"Saya terima nikah  Erina Sofia Gudono binti Mohammad Gudono dengan mas kawin tersebut, dibayar tunai,"ujar Kaesang mantap mengucapkan ijab kabul sembari menggenggam tangan Allen.

Akad nikah Kaesang dan Erina Gudono ini disaksikan oleh Mensesneg Pratikno selaku saksi pihak Erina, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku saksi pihak Kaesang.

Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin akan berlaku sebagai khatib nikah Kaesang dan Erina. Sementara itu, pencatatan pernikahan dilakukan oleh petugas KUA Kecamatan Depok, Sleman.

Setelah akad nikah di Yogyakarta, pernikahan Kaesang dan Erina akan berlanjut di Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12/2022) esok.

Di Solo, keluarga Presiden Joko Widodo akan mengadakan ngunduh mantu yang kemudian dilanjutkan dengan kirab dengan kereta kencana dan berakhir dengan tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

Kaesang Pangarep adalah anak ketiga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Iriana. Kaesang lahir pada 25 Desember 1994 dan merupakan lulusan Singapore University of Social Sciences.

Selain dikenal sebagai anak bungsu dari Presiden Jokowi, Kaesang juga sempat berkiprah sebagai YouTuber, vlogger, hingga kemudian berbisnis makanan hingga pemilik Persis Solo.

Sementara Erina Sofia Gudono merupakan anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Prof Mohammad Gudono (alm) dan Dra Sofiatun. Erina lahir 11 Desember 1996 dan lulusan Universitas Gadjah Mada serta Columbia University.

Erina dikenal sebagai wakil Yogyakarta dalam ajang Puteri Indonesia 2022 dan sempat tembus babak Top 11. Pada April 2022, ia diketahui bekerja di JP Morgan dan jadi satu-satunya lulusan universitas dalam negeri di angkatannya. (ans)