Kemarau Panjang, Puluhan Monyet Ekor Panjang Turun Jalan

Kemarau Panjang, Puluhan Monyet Ekor Panjang Turun Jalan
Salah satu monyet ekor panjang yang terlihat di sepanjang jalan (alifia rahma/afederasi.com)

Situbondo, (afederasi.com) - Akibat kemarau panjang puluhan monyet ekor panjang turun ke jalan dan merusak fasilitas masyarakat serta wisata bahari pasir putih, di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa timur, Rabu (28/9/2022) kemarin. 

Tak hanya turun jalan, monyet ekor panjang juga mencuri makanan warga yang berjualan di warung pinggir jalan Pantura Situbondo. 

Turunnya monyet ekor panjang tersebut lantaran kebakaran yang ada di atas gunung, sehingga monyet tersebut turun ke jalan.

Agar monyet tersebut tidak terlindas oleh kendaraan yang melintas di jalur tersebut, pengendara harus menurunkan laju kecepatan kendaraannya. 

Resepsionis pengelola wisata bahari pasir putih, Ishak mengatakan, ribuan monyet tersebut juga meresahkan warga sekitar, dikarenakan sering mengganggu dengan menunjukkan taring giginya.

"Memang sering muncul kalau sudah musim kemarau, di atas kan juga terbakar lahannya, jadi langsung turun semua," ujarnya.

Ishak juga menambahkan, tak hanya menganggu warga dan pengendara, bahkan ribuan monyet juga merusak atap hotel yang ada di wisata tersebut. 

"Teror monyet ini gak cuman mencuri tapi juga merusak fasilitas yang ada di sekitar. Makanan juga sering di curi. Karena makanan yang tersedia di hutan sangat menipis," tutupnya.(vya/dn)