Desa Ngarjo Kabupaten Mojokerto Jadi Lokasi Manajemen Tanah Sehat

Manajemen Tanah Sehat (MTS) menjadi fokus utama di Desa Ngarjo, Kabupaten Mojokerto.

12 Sep 2023 - 10:40
Desa Ngarjo Kabupaten Mojokerto Jadi Lokasi Manajemen Tanah Sehat

Mojokerto, (afederasi.com) - Manajemen Tanah Sehat (MTS) menjadi fokus utama di Desa Ngarjo, Kabupaten Mojokerto. Kehadiran Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam sebuah agenda temu lapang pada Kamis (7/9/2023) menjadi momen penting dalam penerapan MTS di daerah tersebut.

Bupati Ikfina Fahmawati menggarisbawahi pentingnya menjadikan Desa Ngarjo sebagai destinasi wisata pertanian melalui program MTS. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, beliau mengungkapkan, "Ketika Ibu Khofifah baru sampai, tadi beliau bertanya apakah lahan pertanian ini juga menjadi tempat wisata? Saya menjawabnya belum, jadi ini otomatis menjadi tugas Kepala Desa Ngarjo untuk tempat ini harus secepatnya menjadi wisata lahan pertanian yang mungkin itu sesuatu yang baru di Mojokerto" (dikutip dari rilis Humas Pemerintah Kabupaten Mojokerto, 8/9/2023).

Program inovatif MTS, yang mengedepankan pengendalian hama secara alami, memiliki potensi besar untuk menjadi daya tarik wisata pertanian. Bupati Ikfina juga berharap, "Melalui kelompok tani Sri Rejeki, besar harapannya untuk bisa melanjutkan program ini, dan ke depan semoga bisa jadi kawasan wisata pertanian."

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menekankan bahwa program MTS memiliki peran strategis dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah Jawa Timur. Beliau juga berharap agar Provinsi Jawa Timur tetap berkontribusi sebagai lumbung pangan nasional. Gubernur Khofifah menyatakan,

"Penghasilan beras dari Jawa Timur terutama di Mojokerto ini secara kualitas sudah bagus, namun secara kuantitas kita masih kalah dengan Jawa Tengah yang berturut-turut menjadi provinsi penghasil beras terbanyak se-Indonesia."

Pencanangan Desa Ngarjo sebagai lokasi Manajemen Tanah Sehat diawali dengan pemukulan kentongan oleh Gubernur Jatim dan Bupati Mojokerto, serta dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Jawa Timur. Kemudian, Gubernur Jatim dan Bupati Mojokerto bersama-sama melakukan peninjauan ke sawah program MTS seluas 25 hektare, yang sebagian besar ditanami padi. Keduanya bahkan turut serta dalam proses panen padi yang berlimpah di sawah tersebut, menegaskan komitmen mereka terhadap pengembangan Manajemen Tanah Sehat di Desa Ngarjo. (mg-3/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow