BWA Luncurkan Program WAfP: Solusi Air Bersih untuk Dusun Damkasipahu Nusa Tenggara Barat

Badan Wakaf Alquran (BWA) terus menggelorakan semangat kebaikan dengan menginisiasi sejumlah program bermanfaat bagi masyarakat.

20 Dec 2023 - 10:45
BWA Luncurkan Program WAfP: Solusi Air Bersih untuk Dusun Damkasipahu Nusa Tenggara Barat
Program Water Action for People di Dusun Damkasipahu, Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). [dokumentasi BWA]

Dompu, (afederasi.com) - Badan Wakaf Alquran (BWA) terus menggelorakan semangat kebaikan dengan menginisiasi sejumlah program bermanfaat bagi masyarakat. Selain program wakaf Alquran yang telah menjadi langkah nyata, BWA kini juga menjalankan program wakaf air bersih, memperkuat komitmennya dalam membantu meringankan kesulitan masyarakat.

Pada tanggal 13 Desember yang lalu, BWA secara resmi meluncurkan program terbarunya yang diberi nama Water Action for People (WAfP) di Dusun Damkasipahu, Desa Doropeti, Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Program inovatif ini meresmikan solusi bagi warga Dusun Damkasipahu yang sebelumnya mengalami kesulitan akses air bersih. Dengan penarikan pipa HDPE sepanjang 7,6 km, kini air bersih sudah merata di setiap rumah, memberikan manfaat nyata bagi 99 rumah, satu masjid, satu musala, dan satu sekolah negeri di wilayah tersebut.

"Penarikan pipa HDPE sepanjang 7,6 km telah selesai dikerjakan. Alhamdulillah wakaf sarana air bersih ini telah dirasakan dampaknya oleh warga Dusun Damkasipahu sebanyak 99 rumah, satu masjid, satu musala dan satu sekolah negeri. Semoga di Damkasipahu kita semua menjadi masyarakat pandai bersyukur," ungkap tokoh masyarakat Damkasipahu, Hasdin dalam keterangannya seperti yang dilansir dari Suara.com media partner afederasi.com.

Dalam upaya menjaga keberlanjutan manfaat dari wakaf air bersih ini, Ustaz Heru Binawan, selaku Direktur Program BWA, menyerukan kepada warga Dusun Damkasihapu untuk turut serta menjaga dan merawat sarana air bersih tersebut. Beliau menekankan bahwa pahala yang diharapkan dari para donatur adalah pahala jariyah selama sarana tersebut masih bermanfaat. 

"Pahala yang diharapkan dari para donatur ini adalah pahala jariyah selama objeknya masih bermanfaat. Jadi tolong dipelihara wakaf ini sehingga wakaf ini terus mengalir pahalanya kepada para wakif," tutur Ustaz Heru Binawan.

Dalam konteks keberlanjutan dan keseimbangan lingkungan, Dinas Kehutanan Gunung Tambora ikut berpartisipasi dengan membawa pohon beringin untuk ditanam di wilayah Dusun Damkasipahu. Abdul Basyit, perwakilan dari Dinas Kehutanan Gunung Tambora, menggarisbawahi kesamaan visi antara lembaga tersebut, menjaga kelestarian hutan dan memastikan aliran air yang dihasilkan dari program wakaf BWA dapat memberikan dampak positif.

"Kami dengan BWA ini ada kemiripan. Kami menjaga hutan di sekitar Gunung Tambora ini agar tidak ditebang dan BWA mengalirkan airnya. Mari kita jaga wakaf ini sehingga masyarakat Desa Doropeti bisa hidup sejahtera dan memiliki tanggung jawab bersama atas terjaganya hutan bersama," tambah Abdul Basyit.

Sebagai penutup, perwakilan BWA menyampaikan rasa terima kasih kepada para donatur dan berharap aliran air di Desa Doropeti akan menjadi sumber pahala yang terus mengalir. "Dan pastinya menjadi sesuatu yang bermanfaat karena telah dirasakan oleh masyarakat Dusun Damkasipahu," pungkas Ustaz Heru, menegaskan arti besar dan berkelanjutan dari upaya kemanusiaan yang telah dilakukan.(mg-3/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow