Profil Kamala Harris, Sosok Wapres AS Hadir di KTT ASEAN 2023

Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, tiba di Indonesia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang berlangsung di Jakarta.

08 Sep 2023 - 11:39
Profil Kamala Harris, Sosok Wapres AS Hadir di KTT ASEAN 2023
Senator Amerika Serikat Kamala Harris menjawab pertanyaan dalam sebuah forum di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Rabu (2/10/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Steve Marcus/ama/cfo - Profil Kamala Harris, Sosok Wapres AS Hadir di KTT ASEAN 2023

Jakarta, (afederasi.com) - Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, tiba di Indonesia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang berlangsung di Jakarta. Namun, perhatian khusus jatuh pada profil Kamala Harris karena selama kunjungannya, Indonesia dan Amerika Serikat menyelenggarakan pertemuan bilateral di Ruang Kakatua, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada Rabu (6/9/2023). Sayangnya, pertemuan ini tidak dihadiri oleh Presiden Joe Biden.

Sebelumnya, Kamala Harris meraih kemenangan dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 2020. Karier politiknya yang mengesankan terdapat beberapa tahap penting dalam perjalanannya. Sebelum menjadi Wakil Presiden, ia adalah seorang pengacara dan senator. Puncak karier politiknya tercapai ketika ia menjadi pasangan Joe Biden dalam pemilihan presiden yang berhasil mengalahkan petahana Partai Republik, Donald Trump. Pada saat itu, Harris bersaing dengan wakil presiden petahana, Mike Pence.

Kamala Devi Harris lahir di Oakland, California, pada tanggal 20 Oktober 1964, dan memiliki nama yang memiliki arti khusus dalam budaya India, yaitu "Teratai." Nama Kamala juga merujuk kepada dewi Hindu Lakshmi dan pemberdayaan perempuan. Ia adalah anak sulung dari dua bersaudara, dengan adiknya, Maya, yang menjadi seorang advokat yang mengurusi kebijakan publik. Ibunya, Shymala Gopalan, adalah seorang peneliti kanker sekaligus aktivis hak-hak sipil yang berasal dari India. Ayahnya, Donald Harris, adalah seorang pengajar di Universitas Stanford dan seorang ekonomi dari Jamaika.

Harris menempuh pendidikan sarjana Ilmu Politik dan Ekonomi di Howard University, Washington D.C., pada tahun 1986, dan aktif menjadi anggota perkumpulan mahasiswa kulit hitam bernama Alpha Kappa Alpha. Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikan di University of California pada tahun 1989 dan meraih gelar sarjana hukum. Latar belakang pendidikan inilah yang membantu Harris membangun karier sukses di bidang hukum dan politik.

Karier profesional Kamala Harris di bidang hukum sangat mencolok. Antara tahun 1990 hingga 1998, Harris bekerja sebagai seorang wakil jaksa wilayah di Oakland, California, di mana ia mendapatkan reputasi tinggi karena sering menuntut kasus-kasus berat seperti kekerasan geng, pelecehan seksual, dan perdagangan narkoba. Pada tahun 2004, ia menjadi jaksa wilayah, dan kemudian, dari tahun 2011 hingga 2017, ia terpilih sebagai Jaksa Agung California ke-32, menjadikannya orang Afrika-Amerika pertama yang memegang jabatan tersebut. Karier politiknya terus berkembang, dan ia bergabung dengan Partai Demokrat serta menjadi senator sejak tahun 2017.

Selain itu, Kamala Harris juga memiliki pengalaman sebagai jaksa distrik San Francisco. Pada tanggal 11 Agustus 2020, Joe Biden memilih Harris sebagai calon Wakil Presiden Amerika Serikat, yang kemudian bersaing dalam pemilihan presiden dengan petahana Presiden Donald Trump dari Partai Republik dan Wakilnya, Mike Pence.

Inilah profil lengkap Kamala Harris, Wakil Presiden Amerika Serikat yang memainkan peran penting dalam KTT ASEAN 2023 yang diadakan di Jakarta, Indonesia. (mg-1/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow