Empat Sungai Meluap, Rendam Wilayah Perkotaan Banyuwangi

Empat Sungai Meluap, Rendam Wilayah Perkotaan Banyuwangi
Luapan air sungai mulai rendam jalan protokol Kabupaten Banyuwangi Senin (17/10/2022). (sahroni/afederasi.com)

Banyuwangi, (afederasi.com) - Hujan yang mengguyur Kabupaten Banyuwangi, sejak Minggu malam, (16/10/2022) sebabkan sejumlah aliran sungai meluap hingga ke permukiman warga di wilayah perkotaan.

Setidaknya ada tiga sungai yang meluap. Masing-masing adalah aliran Sungai Kaligulung, Sungai Kali Sobo, dan Sungai Kalilo. Luapan air sungai yang meluap ke permukiman warga juga meluap ke sejumlah jalan protokol kota yang sebabkan aktivitas warga tergangu.

"Benar telah terjadi banjir akibat luapan sungai, setelah semalaman wilayah kota diguyur hujan," kata Plt Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Ilzam Nuzuli, Senin (17/10/2022).

Ilzam Nuzuli menambahkan, luapan sejumlah sungai itu diprediksi bisa merendam ratusan rumah warga. 

"Bisa ratusan rumah terdampak kalau melihat luapannya. Kelurahan terdampak kalau kita lihat sekitar bantaran tiga sungai itu, yakni Perumahan Sutri, Perumahan Sobo, sama Pemukiman di Muara Kalilo," cetusnya.

Tim Reaksi Cepat BPBD, lanjut Ilzam, saat ini langsung melakukan penanganan dan tindak lanjut di sejumlah titik banjir.

Luapan sungai diakibatkan curah hujan tinggi sejak semalam hingga pagi hari hujan masih melanda wilayah perkotaan Banyuwangi.

"Penyebabnya curah hujan tinggi sejak semalam, di wilayah hulu juga hujan deras sampai tadi pagi, sehingga sungai meluap. Sampai tadi pagi ini juga banjir," ungkapnya.

Terpisah Kapolsek Banyuwangi, AKP Kusmin menambahkan jika luapan sungai juga terjadi pada sungai Kali Bagong. Sehingga sementara ini masih ada empat sungai yang dilaporkan meluap.

"Saat ini masih penanganan di TKP, tepatnya di Jembatan Sungai Bagong," imbuhnya. (ron/dn)