Dispertangan Bagikan 4000 Bibit Alpukat dari Anggaran DBHCT

Dispertangan Bagikan 4000 Bibit Alpukat dari Anggaran DBHCT
Basmalah, Kabid tanaman pangan Dispertangan (alifia rahma/afederasi.com)

Situbondo, (afederasi.com) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertangan) Situbondo bakal membagikan bantuan bibit alpukat secara gratis kepada masyarakat di Desa Kandang, Kecamatan Kapongan. Tujuannya untuk menciptakan kawasan klaster buah berbiji tunggal tersebut.

Menurut Kabid Tanaman Pangan pada (Dispertangan) Situbondo Basmalah, total bantuan bibit alpukat yang bakal disalurkan kepada masyarakat sekitar 4.000 bibit. “Untuk pengadaannya menggunakan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022, senilai Rp150 juta,” ucapnya, Senin (29/8/2022).

Lebih lanjut, pria asal Desa Duwet, Kecamatan Panarukan ini mengatakan, ada dua jenis bibit alpukat yang bakal dibagikan kepada masyarakat.

“Yaitu jenis Aligator dan Miki. Dimana keunggulan dua bibit tersebut yakni, buahnya berukuran lebih besar dari pada jenis lokal,” tegasnya.

Pria 43 tahun ini menyampaikan, Desa Kandang, Kecamatan Kapongan dipilih karena di lokasi tersebut sudah banyak warga yang menanam pohon alpukat. “Namun jenisnya masih lokal,” singkatnya.

Basmalah menjelaskan, 4.000 bibit alpukat tersebut disalurkan ke masyarakat pada bulan September. “Insya Allah kita membagikan bibit alpukat dulu, baru bulan berikutnya pupuk urea gratis kepada petani di Situbondo,” pungkasnya.(adv/vya/dn)