Bupati Maryoto Optimis Desa Kendalbulur Menjadi Pemenang Dalam Lomba Desa Nasional

Bupati Maryoto Optimis Desa Kendalbulur Menjadi Pemenang Dalam Lomba Desa Nasional
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo saat dikonfirmasi awak media seusai mengikuti rapat evaluasi lomba desa di Ruang Praja Mukti (erin/afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) - Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo optimis Desa Kendalbulur menjadi pemenang dalam lomba desa yang diselenggarakan oleh nasional. 

"Kita merupakan wakil dari regional 2 untuk mengikuti perlombaan secara nasional. Jadi yang menjadi juri nanti langsung dari tim pusat," ujar Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo.

Maryoto mengatakan pihak juri nasional akan melakukan tinjauan lapangan langsung ke Desa Kendalbulur untuk mengetahui seberapa layaknya Kendalbulur ini untuk menjadi pemenang di lomba desa tersebut. 

"Sekitar (28/9/2022) hingga (3/10/2022) pihak juri bakal melakukan penilaian langsung," katanya. 

Untuk mempersiapkan penilaian oleh tim juri tersebut pihaknya selalu mensuport seluruh program unggulan desa dengan melibatkan seluruh OPD di dalamnya. 

Menurut Maryoto ada beberapa hal yang masih harus dievaluasi, seperti kelengkapan administrasi, perbaikan infrastuktur di lapangan, dan lain sebagainya. 

"Infrastuktur disini tidak hanya tentang jalan, namun juga jembatan gantung. Misalnya kalau lantai jembatan sudah lapuk maka harus segera diganti," tuturnya. 

Pihaknya tetap optimis, Desa Kendalbulur ini bakal menjadi pemenangnya. Sebab, apabila ada desa yang menjadi pemenang maka bisa menjadi pemicu semangat desa lain untuk lebih progresif. Selain itu nantinya tata kepemerintahan akan semakin baik dan terstuktur. 

"Potensi Kendalbulur itu sangat luar biasa, kami optimis untuk menang," pungkasnya. 

Hal senada dikatakan oleh Kepala Desa Kendalbulur, Anang Mustofa ia mengatakan dalam lomba desa ini besar peluangnya untuk menang. Sebab, Desa Kendalbulur telah memiliki potensi desa wisata unggulan bertaraf nasional yakni Nangkula Park. 

"Kendalbulur sudah masuk menjadi desa wisata dengan destinasi Nangkula Parknya. Saya optimis bisa menang dalam lomba kali ini," katanya. 

Selain itu, Desa Kendalbulur juga memiliki 3 program unggulan seperti kampung tembakau, kampung kambing, dan kampung patin. 3 potensi tersebut merupakan bukti pemberdayaan kelompok masyarakat oleh pihak pemdes dan pemkab. 

"3 potensi ini merupakan potensi unggulan kita," tambahnya. 

Namun demikian, Anang juga harus mempersiapkan segala hal yang menjadi evaluasi pada tinjauan lapangan provinsi yang telah dilakukan sebelum ini. 

"Administrasi kita harus kita benahi dan tata kembali, agar penilaian lapangan nanti bisa maksimal," terangnya. 

Anang menambahkan, pihaknya juga bakal melibatkan sskitar 1.200 warga untuk turut berpartisipasi dalam perlombaan desa nasional. 

"Semangat gotong royong akan kita kedepankan untuk mempersiapkan kunjungan lebih maksimal," tandasnya. (er/dn)