Ahmad Dhani Larang Al, El, Dul Selalu Turuti Kemauan Maia Estianty, Bukannya Jadi Tanda Berbakti ke Orang Tua?

Ahmad Dhani, seorang musisi terkenal dan mantan politikus, memandang bahwa anak-anak laki-lakinya, Al, El, dan Dul, seharusnya mengikuti hati nurani mereka daripada selalu mematuhi keinginan ibunya, Maia Estianty.

18 Sep 2023 - 10:55
Ahmad Dhani Larang Al, El, Dul Selalu Turuti Kemauan Maia Estianty, Bukannya Jadi Tanda Berbakti ke Orang Tua?
Potret Keluarga Maia Estianty Berangkat Liburan ke Inggris (Instagram/@maiaestiantyreal)

Jakarta, afederasi.com - Ahmad Dhani, seorang musisi terkenal dan mantan politikus, memandang bahwa anak-anak laki-lakinya, Al, El, dan Dul, seharusnya mengikuti hati nurani mereka daripada selalu mematuhi keinginan ibunya, Maia Estianty. Ia menegaskan bahwa setiap laki-laki harus memiliki kebebasan untuk memilih jalan hidupnya sendiri, terutama dalam hal pendidikan. Ahmad Dhani menyuarakan pandangan ini melalui unggahan video pada Sabtu (16/9/2023) yang dibagikan ulang oleh akun @kecap_bango1928.

Pandangan Ahmad Dhani tentang kemandirian anaknya terutama terlihat dalam pendekatannya terhadap pendidikan. Ia membebaskan anak-anaknya untuk memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan pilihan pribadi masing-masing. "Kalau El kuliah, kalau Al nggak, Dul juga nggak. Saya memang membebaskan mereka, sih," ungkap Ahmad Dhani dalam unggahan video tersebut.

Bahkan, Ahmad Dhani sampai pada titik memarahi ketiga anaknya ketika merasa mereka ingin mengikuti kemauan Maia Estianty. Ia menekankan kepada mereka untuk mengikuti kata hati dan pendirian mereka sendiri, bukan hanya mengikuti keinginan orang tua. Ahmad Dhani mengajarkan nilai-nilai kemandirian dan keberanian untuk memilih yang sesuai dengan keyakinan masing-masing anak.

Menurut pandangan Islam, berbakti kepada orang tua adalah kewajiban anak, namun bukan berarti anak harus selalu mentaati setiap keinginan orang tua. Anak memiliki tanggung jawab untuk membalas kebaikan orang tua dengan menghormati mereka, membantu mereka, dan menafkahi mereka jika diperlukan. Tafsir Ibnu Katsir juga menekankan pentingnya menghormati orang tua sebagai media atau wasilah bagi kehadiran seseorang di dunia ini. Artinya, kebebasan anak untuk memilih jalan hidupnya juga harus diimbangi dengan penghargaan dan bakti kepada orang tua.(mg-2/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow