Upaya Pencurian Kotak Amal di Mushola Boyolangu Digagalkan Warga, Pelaku Berhasil Diamankan

06 Feb 2024 - 18:13
Upaya Pencurian Kotak Amal di Mushola Boyolangu Digagalkan Warga, Pelaku Berhasil Diamankan
Pelaku saat dimankan di Mapolsek Boyolangu, (ist)

Tulungagung, (afederasi.com) - Seorang pria berinisial CK (31), warga Desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolangu,harus mendekam di balik jeruji besi ruang tahanan Polsek Boyolangu. Lantaran, aksi pencurian uang kotak amal di Mushola Miftakhul Huda di Desa Karangrejo Kecamatan Boyolangu pada Sabtu (3/2/2024) berhasil digagalkan oleh warga sekitar..

Kasi Humas Polres Tulungagung, Iptu Mujiatno menjelaskan bahwa kejadian ini bermula sekitar pukul 02.30 WIB ketika pelaku memasuki mushola dengan gerak-gerik yang mencurigakan. Beruntung, warga setempat secara kebetulan mengetahui kejadian tersebut, yang membuat mereka curiga terhadap perilaku pelaku.

Setelah pelaku masuk ke mushola, warga mengamati dan mengetahui niat buruknya untuk mencuri uang di kotak amal mushola. "Aksi pelaku berhasil diketahui warga, lantaran gelagat aneh pelaku saat memasuki mushola," ujar Iptu Mujiatno pada Selasa (6/2/2024).

Warga segera melaporkan kejadian ini ke Polsek Boyolangu, dan petugas Unit Reskrim Polsek Boyolangu dengan cepat bertindak untuk mengamankan pelaku. Di tempat kejadian perkara, petugas dan warga secara bersama-sama mengamati aksi pelaku tanpa disadari olehnya.

"Pelaku masih hendak menggasak uang di dalam kotak amal mushola Miftakhul Huda saat petugas tiba di TKP," ungkap Mujiatno.

Pelaku, dengan menggunakan obeng, membongkar kotak amal tersebut dan mengambil uang yang kemudian dimasukkan ke dalam tas punggung warna hitam. Warga berhasil menghadang pelaku ketika hendak melarikan diri dengan sepeda motor yang diparkir di dekat mushola.

"Pelaku akhirnya diamankan warga dan dilaporkan ke petugas Polsek Boyolangu," tambahnya.

Mujiatno menyatakan bahwa petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai senilai Rp 1,2 juta, sepeda motor, tas punggung warna hitam, lampu senter warna hitam, dan gembok besi warna putih yang rusak. Pelaku saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di rumah tahanan Polsek Boyolangu.

"Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 Ayat 1 Ke 5e KUH Pidana tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," pungkasnya. (riz/dn)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow