Satlantas Polres Tulungagung Terbitkan Ribuan TNKB Warna Putih

Satlantas Polres Tulungagung Terbitkan Ribuan TNKB Warna Putih
Penyerahan TNKB warna putih untuk kendaraan roda empat kepada wajib pajak di KB Samsat Tulungagung (deny/afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) – Penggunaan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) berwarna putih nampaknya sudah mulai diberlakukan bagi kendaraan pribadi jenis roda empat di Tulungagung. Pasalnya, terhitung mulai Agustus - September sudah menyentuh angka ribuan.

Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP Rahandy Gusti Pradana menjelaskan, untuk regulasi pemberlakukan plat nomor berwarna putih di Kabupaten Tulungagung sendiri sudah mulai diberlakukan untuk roda 4 saja. Sementara untuk kendaraan roda 2 belum diberlakukan. 

“TNKB warna putih sementara masih diberlakukan untuk roda 4, sedangkan roda 2 belum,”jelas AKP Rahandy, Kamis (22/9/2022). 

Rahandy melanjutkan, pemberlakukan tersebut sudah sejak 3 bulan yang lalu atau bulan Juli, yang mana penerbitan plat nomor putih tersebut ketika pemilik kendaraan membeli kendaraan baru atau HER 5 tahunan.

“Jadi usai mengurus HER 5 tahunan akan diberikan plat nomor berwarna putih,”ungkapnya.

Masih menurut Rahandy, untuk pemberlakukan pergantian plat nomor berwarna putih tersebut sudah menyentuh angka ribuan terhitung mulai awal diberlakukan.

“Terhitung mulai akhir Bulan Juli hingga September sudah 2308 plat yang dipasang,” ungkapnya.

Disinggung dengan permberlakukan TNKB berwarna putih tersebut, apakah boleh pemilik roda 4 melakukan perubahan warna secara manual, Rahandy menjelaskan, terkait hal tersebut tidak diperbolehkan lantaran ditulis juga dalam STNK bahwa warna plat nomor berwarna hitam dan jika dirubah secara manual akan otomatis berbeda dengan yang tertera di STNK.

“Proses perubahan dilakukan di KB SAMSAT setempat,” ungkapnya.

Masih menurut Rahandy, untuk pemberlakukan kali ini, sementara masih ke roda 4, dan itu juga memerlukan proses agar semua kendaraaan menggunakan plat nomor berwarna putih, yang tentunya juga memerlukan waktu. 

“Pemberlakukan ini sesuai dengan peraturan kepolisian nomor 7 tahun 2021, nantinya secara menyeluruh untuk kendaraan pribadi menggunakan warna dasar putih, ya tentunya memerlukan tahapan dan bisa dilakukan secara berkala,” pungkasnya.(riz/dn)