Empat Hari Lagi Pendaftaran PPPK Nakes di Tulungagung Bakal Ditutup

Empat Hari Lagi Pendaftaran PPPK Nakes di Tulungagung Bakal Ditutup
Seorang nakes menyiapkan tempat tidur pasien di RSUD dr. Iskak Tulungagung. (dok afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) - Kurang empat hari lagi yakni pada (18/11/2022) mendatang pendaftaran pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk formasi tenaga kesehatan (nakes) di Tulungagung Bakal ditutup.

Sebelumnya pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tulungagung telah membuka seleksi penerimaan PPPK untuk formasi nakes yang dimulai pada (3/11/2022) lalu, dan bakal berakhir pada (18/11/2022) mendatang.

Kepala BKPSDM Kabupaten Tulungagung, Soeroto mengatakan pihaknya telah membuka sebanyak 138 untuk formasi nakes.

Hal ini berdasarkan dengan surat edaran Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat nomor: 36563/B-KS.04.01/SD/K/2022 tentang jadwal pelaksanaan seleksi penerimaan PPPK tenaga kesehatan tahun 2022.

"Kami buka sebanyak 138 formasi untuk nakes, dan 1.433 untuk formasi PPPK guru SD dan SMP,," ujarnya.

Menurut Soeroto, calon peserta PPPK nakes sebelum mendaftar mereka harus terdaftar terlebih dahulu di sistem informasi Kementrian Kesehatan (Kemenkes). Kemudian mereka nanti bakal diseleksi di 6 politeknik kesehatan (Poltekes) yang telah ditunjuk.

"Jadi harus terdaftar dulu di sistem informasi Kemenkes," katanya.

Berdasarkan informasi 138 formasi untuk PPPK nakes tersebut yakni, 5 administrator kesehatan, 12 apoteker yang bakal ditempatkan di berbagai puskesmas. 7 dokter umum, 10 dokter gigi, 2 epidemiolog kesehatan, 15 nutrisionis.

1 pembimbing kesehatan kerja, 14 tenaga promosi kesehatan (promkes) dan ilmu perilaku, 12 bidan, 44 perawat, 6 perekam medis, dan 2 pranata laboratorium kesehatan.

"2 pranata tersebut bakal ditempatkan di Puskesmas Jeli dan Dono," tandasnya. (er/dn)