70 Pasien Penderita Katarak Ikuti Operasi Gratis di RSUD Besuki

70 Pasien Penderita Katarak Ikuti Operasi Gratis di RSUD Besuki
Proses Operasi Mata katarak di ruang ruang operasi RSUD Besuki (alifia rahma/afederasi.com)

Situbondo, (afederasi.com) - Tercatat sebanyak 70 pasien penderita katarak mengikuti kegiatan bakti sosial, operasi katarak secara gratis pada Sabtu (15/10/2022). 

Dimana kegiatan bakti sosial itu digelar oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besuki, Kabupaten Situbondo yang bekerjasama dengan Klinik Mata Tritya Surabaya, dan Bank Jatim tepat di hari penglihatan sedunia.

Direktur RSUD Besuki, dr. H. Imam Hariyono menjelaskan hingga kini teracatat sudah ada 400 pasien yang melaksanakan operasi katarak di RSUD Besuki. Sedangkan, dalam kegiatan baksos saat ini tercatat 70 pasien yang menjalani operasi. 

"Untuk jumlah total operasi mata katarak yang dilaksanakan di RSUD Besuki sudah mencapai 400 pasien penderita mata katarak,” ujarnya. 

Lebih lanjut, dr. H. Imam Hariyono mengatakan bahwa, Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day/WSD) dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan mata. Walaupun, teknologi kedokteran sudah berkembang pesat, namun masih banyak orang yang mengalami gangguan penglihatan bahkan mengalami kebutaan di seluruh dunia.

Love Your Eyes atau Cintai Matamu, yang bertujuan mengajak masyarakat untuk melindungi kesehatan matanya. Selain itu, juga untuk mewujudkan rasa empati kepada orang yang mengalami gangguan penglihatan dan tidak memiliki akses ke layanan perawatan mata,” katanya.

Pada momentum World Sight Day, imbuh dr H Imam Hariyono, para dokter, tenaga ahli kesehatan, para mitra, pemangku kebijakan, serta seluruh pihak yang peduli akan kesehatan mata, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli dengan kesehatan mata dan penglihatannya. 

“Bagi masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan mata dan operasi mata bisa langsung menghubungi RSUD Besuki,” pungkas dr. H. Imam Hariyono. 

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Klinik Mata Tritya Surabaya dr Armanto Sidohutomo, S.pM menjelaskan bahwa, jumlah pasien penderita mata katarak yang sudah menjalani pemeriksaan sekitar 900 pasien. Dari jumlah itu yang bisa menjalani operasi sebanyak 400 pasien. 

“Alhamdulillah, dari 400 pasien yang telah menjalani operasi banyak yang sembuh dari penyakit mata katarak," tutupnya.(vya/dn)