Menperin Akhirnya Buka Suara Soal Rangka eSAF Motor Honda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita akhirnya memberikan tanggapannya terkait kontroversi yang melibatkan motor Honda eSAF yang telah menjadi sorotan akibat sejumlah kasus rangka yang patah dan rentan terhadap karatan.

01 Sep 2023 - 13:05
Menperin Akhirnya Buka Suara Soal Rangka eSAF Motor Honda
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. [Antara/Fathur Rochman]

Jakarta, (afederasi.com) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita akhirnya memberikan tanggapannya terkait kontroversi yang melibatkan motor Honda eSAF yang telah menjadi sorotan akibat sejumlah kasus rangka yang patah dan rentan terhadap karatan. Dalam pernyataannya kepada awak media, Menperin menegaskan bahwa pihak Astra Honda Motor (AHM) telah memberikan klarifikasi terkait keluhan mengenai rangka eSAF. Beliau juga merujuk pada pernyataan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang menyatakan bahwa tidak ada masalah dengan produsennya.

"Motor Honda patah kan sudah diklarifikasi langsung oleh Honda, dan KNKT sudah juga memberikan satu rilis bahwa tidak ada masalah dengan produsennya," kata Menperin, sebagaimana dilaporkan pada Jumat (1/9/2023).

Menariknya, Agus Gumiwang Kartasasmita tidak mengindikasikan adanya rencana dari pihak Kementerian Perindustrian untuk melakukan inspeksi kepada pabrik AHM terkait permasalahan ini. Beliau menegaskan bahwa kewenangan terkait hal ini ada di tangan KNKT.

"KNKT sudah mengeluarkan rilis bahwa produk Honda tersebut aman, memang mereka yang punya kewenangan otoritas," lanjutnya. Dengan demikian, penanganan lebih lanjut mengenai kasus ini sepenuhnya berada di bawah yurisdiksi KNKT.

Sementara itu, PT Astra Honda Motor (AHM) telah melakukan investigasi terkait kontroversi rangka eSAF. Dalam hasil temuannya, mereka menemukan sejumlah kasus sepeda motor konsumen yang mengalami rangka patah dan karatan. Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM, menyampaikan hasil temuan ini dalam keterangan tertulisnya.

"Berdasarkan temuan tim, ada sepeda motor konsumen yang berkarat dan juga ada yang patah. Kami sedang mengecek untuk mengetahui penyebabnya case by case," kata Muhibbuddin.

Meskipun belum semua kasus terdata, AHM telah mengambil tindakan untuk menangani keluhan konsumen yang mengalami masalah terkait rangka eSAF. Menurut Muhibbuddin, mereka telah mendata dan mengatasi konsumen yang mengeluhkan masalah ini.

"Kami sudah mendata dan menangani konsumen yang mengeluhkan masalah tersebut, meski belum semua terdata," pungkasnya. AHM terus bekerja keras untuk memastikan keamanan dan kualitas produk mereka, serta memberikan solusi bagi konsumen yang terkena dampak masalah ini. (mg-3/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow