Komunitas Hepiii Community Tampilkan Seni Kuda Lumping dan Reog di Jember, Tarik Antusias Ribuan Warga

Puluhan seniman yang tergabung dalam Komunitas Arek Kencong Jember, bagian dari Hepiii Community menggelar pertunjukan seni kuda lumping dan reog, Selasa (13/9/2023).

13 Sep 2023 - 16:37
Komunitas Hepiii Community Tampilkan Seni Kuda Lumping dan Reog di Jember, Tarik Antusias Ribuan Warga
Penampilan seni kuda lumping dan reog di Jember. (Dokumentasi Hepiii Community)

Jember, (Afederasi.com) - Puluhan seniman yang tergabung dalam Komunitas Arek Kencong Jember, bagian dari Hepiii Community menggelar pertunjukan seni kuda lumping dan reog, Selasa (13/9/2023).

Pertunjukan kesenian itu digelar di Desa/Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Ketua Komunitas Arek Kencong yang merupakan bagian dari Heppiii Community Anton Budiono mengatakan, Merdeka Heppiii tahun ini lebih meriah dengan berbagai penampilan kesenian di desa.

Salah satunya adalah penampilan kesenian kuda lumping dan reog yang menghibur warga saat perayaan kemerdekaan ini.

"Kami maksimalkan potensi di desa kami, kebetulan di tempat kami ada kelompok kesenian kuda lumping Tasya Manunggal di sana ada sekitar 50-an seniman. Kesenian ini ditampilkan dan dihadiri ribuan orang dari desa sekitar saat kegiatan bulan Agustus kemarin," ujarnya.

Selain penampilan kesenian kuda lumping dan reog, dalam kegiatan Merdeka Heppiii ini juga digelar berbagai lomba untuk semua kalangan, baik lomba yang khusus laki-laki maupun perempuan.

Pihaknya berharap keseruan kegiatan Merdeka Heppiii ini bisa membuat warga makin erat kebersamaannya dan makin bikin heppiiii.

Sementara itu Ketua Heppiii Community Jember Noer Komari mengatakan ada berbagai komunitas di desa yang menggelar pertunjukan kesenian dan hiburan rakyat.

Seperti misalnya Pemuda Petung, komunitas Arek Kencong, K-cang, Ponjer Community, Perseka, Sarwa, komunitas Karat Besi, Sorban, Kapten, kemudian Al ibrahim, SFC Bondowoso, dan komunitas karang taruna lainnya.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan positif ini, terlebih untuk kegiatan di Jember selalu meriah dengan menampilkan kesenian di desa. Terima kasih untuk semua komunitas dan karta Heppiii Community di Jember dan Bondowoso, semoga makin tahun makin meriah, dan terus meningkatkan silaturahmi antar warga," bebernya.

Bukan hanya di Jember dan Bondowoso, Kegiatan Merdeka Heppiii ini dilakukan di ratusan desa di 17 kabupaten kota di Indonesia, khususnya di Jawa timur dan Kalimantan. Rinciannya Banyuwangi ada 17 desa, kemudian Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 18 desa, kemudian Madiun 17.

Lalu Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 16, Tuban 3 desa. Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa.

Koordinator Heppiii Community di tingkat pusat, Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Community untuk membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa.

Heppiii Community kata dia selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

"Selain ada penambahan dan perbaikan fasum (fasilitas umum) dan fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga diisi dengan lomba-lomba," jelasnya. (den)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow