Biodata dan Profil Ustaz Abdul Somad: Sosok Ulama yang Lantang Bela Korban Penggusuran Pulau Rempang

Pulau Rempang, Kepulauan Riau - Ustaz Abdul Somad (UAS), seorang tokoh ulama terkemuka, baru-baru ini mengambil sikap tegas dalam membela masyarakat yang terancam tergusur di Pulau Rempang, Kepulauan Riau.

15 Sep 2023 - 13:55
Biodata dan Profil Ustaz Abdul Somad: Sosok Ulama yang Lantang Bela Korban Penggusuran Pulau Rempang
Ustadz Abdul Somad. [Istimewa]

Jakarta, afederasi.com - Pulau Rempang, Kepulauan Riau - Ustaz Abdul Somad (UAS), seorang tokoh ulama terkemuka, baru-baru ini mengambil sikap tegas dalam membela masyarakat yang terancam tergusur di Pulau Rempang, Kepulauan Riau. Dalam beberapa hari terakhir, suaranya menggema lantang, meminta bantuan dari ahli hukum dan pengacara untuk membebaskan sejumlah warga yang ditangkap saat mereka melakukan demonstrasi mempertahankan tanah tempat mereka tinggal selama ini.

"Kalau menolong seekor anjing saja ada pahalanya, apalagi menolong saudara di Pulau Rempang," tegas Abdul Somad dalam salah satu ceramahnya yang dikutip melalui kanal Instagram resminya, @ustadzabdulsomad_official.

Tindakan tegas dan berani Ustaz Abdul Somad dalam membela hak-hak masyarakat Pulau Rempang membuatnya menjadi sorotan publik. Banyak yang penasaran tentang latar belakang dan profil lengkapnya. Mari kita lihat biodata dan profil singkat dari ulama terkemuka ini.

Ustaz Abdul Somad Batubara, atau yang lebih dikenal dengan singkatan UAS, adalah seorang tokoh ulama yang sangat berpengaruh dalam dunia Islam di Indonesia. Beliau lahir pada 18 Mei 1977 di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara. Salah satu hal yang mengesankan dari UAS adalah deretan gelar akademiknya, termasuk gelar Ph.D.

Ustaz Abdul Somad dikenal sebagai seorang pendakwah dan ulama terkemuka yang sering mengulas berbagai aspek agama Islam, terutama dalam bidang ilmu hadis dan ilmu fikih. Kemampuannya dalam dua bidang ilmu ini telah mencerahkan banyak individu dalam memahami Islam. Beliau dikenal karena cara penyampaiannya yang tegas dan mudah dipahami, yang tidak hanya mendalam tetapi juga relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Selain kajian agama, Ustaz Abdul Somad juga aktif dalam mengangkat isu-isu nasionalisme dan masalah sosial di Indonesia. Pendekatannya selalu konstruktif, berupaya mencari solusi terbaik untuk tantangan-tantangan yang dihadapi oleh bangsa.

Salah satu hal menarik tentang Ustaz Abdul Somad adalah latar belakang keluarganya yang multikultural. Ayahnya berasal dari suku Batak, sementara ibunya berasal dari suku Melayu. Keterkaitan dengan kedua budaya ini mungkin telah memperkaya wawasannya, sehingga memungkinkan pemahaman yang lebih baik terhadap beragam masyarakat di Indonesia.

Keluarga adalah salah satu aspek penting dalam hidupnya, dan kebahagiaan keluarganya dapat dilihat sebagai salah satu sumber inspirasinya dalam berkarya.

Pendidikan merupakan fondasi kuat dalam perjalanan Ustaz Abdul Somad. Beliau belajar di berbagai institusi bergengsi, termasuk di luar negeri. Berikut adalah riwayat pendidikan beliau:

1. SD Al-Washliyah Medan
2. Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah Medan
3. Pesantren Darularafah Deli Serdang
4. Madrasah Aliyah Nurul Falah Indragiri Hulu
5. S1 Universitas Al-Azhar Mesir
6. S2 Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah Rabat Maroko
7. S3 Universitas Islam Omdurman Sudan

Dengan latar belakang pendidikan yang kokoh, Ustaz Abdul Somad memiliki dasar yang kuat untuk menyampaikan pesan-pesan agama Islam dengan baik.

Karir Ustaz Abdul Somad di dunia pendidikan Islam telah mencapai puncaknya. Sejak tahun 2009, beliau telah menjadi dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Selain itu, beliau juga mengajar Tafsir Hadis di Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau dan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekan Baru.

Selama berkarir, beliau juga pernah menjabat sebagai Anggota MUI dan Badan Amil Zakat Riau, serta sebagai sekretaris di Lembaga Bahtsul Masa. Keberhasilannya dalam dunia pendidikan dan aktivitas sosial telah memberikan inspirasi bagi banyak generasi muda.

Ustaz Abdul Somad juga aktif dalam menghasilkan karya ilmiah, terjemahan, dan buku yang bermanfaat. Beberapa karyanya yang terkenal termasuk "37 Masalah Populer," "99 Pertanyaan Seputar Sholat," dan "33 Tanya Jawab Seputar Qurban." Karya-karya ini memberikan panduan praktis bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sehari-hari.

Dalam era digital ini, Ustaz Abdul Somad tidak hanya mengisi panggung dakwah tradisional, tetapi juga aktif di media sosial. Akun YouTube pribadinya telah berhasil mendapatkan lebih dari satu juta pelanggan. Melalui platform ini, beliau terus menyebarkan pesan-pesan agama Islam, menjawab pertanyaan-pertanyaan penting, dan memberikan inspirasi kepada masyarakat luas.

Ustaz Abdul Somad adalah sosok yang patut diapresiasi dan dijadikan panutan. Kepakarannya dalam ilmu agama Islam, dedikasinya terhadap pendidikan, dan kontribusinya dalam masyarakat adalah bukti nyata bahwa beliau adalah salah satu tokoh ulama terkemuka di Indonesia yang terus menerangi jalan umat Islam.(mg-2/jae)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow