Cuma 650 Meter Dari MRT Blok M BCA, Kedai Kopi Ini Viral karena Punya Vibes Rumah Nenek

Di tengah maraknya kedai kopi atau coffee shop yang bersaing untuk mencari pelayan atau barista dengan penampilan menarik, Kafe Uma Oma mengambil pendekatan berbeda.

22 Sep 2023 - 08:58
Cuma 650 Meter Dari MRT Blok M BCA, Kedai Kopi Ini Viral karena Punya Vibes Rumah Nenek
Kafe Uma Oma berdayakan lansia dan punya vibes rumah nenek. (Dok. Instagram)

Jakarta, (afederasi.com) - Di tengah maraknya kedai kopi atau coffee shop yang bersaing untuk mencari pelayan atau barista dengan penampilan menarik, Kafe Uma Oma mengambil pendekatan berbeda. Kafe yang terletak di Jalan Melawai No.28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini memilih untuk memberdayakan lansia sebagai tenaga kerja.

Tidak hanya menawarkan kopi berkualitas, Kafe Uma Oma juga menarik perhatian dengan lokasinya yang strategis, berdekatan dengan stasiun MRT BCA. Hanya berjarak 650 meter atau sekitar 9 menit berjalan kaki dari stasiun tersebut. 

Daya tarik kafe ini tak hanya terletak pada kopi yang mereka sediakan, tetapi juga pada penggunaan tenaga kerja lansia, di mana beberapa nenek menjadi ikon dan pegawai yang melayani, bahkan membantu mengantarkan pesanan kepada pelanggan, yang sebagian besar adalah anak muda.

Menariknya, dalam akun media sosial resmi kafe tersebut, pelanggan dipanggil dengan sebutan "cucu" oleh para lansia yang melayani, menciptakan suasana seperti berada di rumah nenek. Konsep ini memang telah menjadi daya tarik sejak awal berdirinya kafe ini.

"Akibatnya, sesuai dengan konsep bisnis yang kami tawarkan, kami mengikutsertakan lansia, yang kami sebut sebagai Oma, ke dalam Tim Kesayangan Oma. Mereka akan berperan menyambut Cucu Kesayangan Oma saat berkunjung," tulis akun tersebut yang mendapat ribuan komentar dari pengikutnya.

Tak hanya mengangkat lansia sebagai ikon, Kafe Uma Oma juga menawarkan beragam menu yang mengingatkan pada sajian ala rumah nenek, kental dengan tradisi Indonesia. Bahkan, mulai dari ornamen hingga perabot yang digunakan, semuanya mengusung nuansa klasik.

Dari sisi desain, terdapat area khusus di pojok dekat jendela tempat karyawan lansia ini melayani. Mereka tak hanya berbicara dengan lembut, tetapi juga membantu membersihkan meja dengan penuh dedikasi dan ketenangan.

"Akhirnya ada juga tempat usaha yang memberdayakan lansia seperti di luar negeri. Semoga usaha ini semakin maju," komentar @doyzdanoyz.

"Sangat antusias! Insya Allah, saya akan mengunjungi meskipun saya berasal dari Bogor. Semoga para Oma di sana dapat mengobati kerinduan saya pada almarhumah nenekku," timpal @riccapurnama17.

Dalam melansir Parrish Healthcare, Kamis (21/9/2023), disebutkan bahwa meskipun tidak seaktif anak muda, lansia tetap membutuhkan aktivitas untuk menjaga kebugaran fisiknya. Terlebih, banyak lansia yang merasa kesepian dan akhirnya mengalami depresi serta rentan terhadap penyakit.

Aktivitas fisik membantu mereka menjaga kebugaran di masa emasnya. Manfaatnya meliputi pengendalian berat badan, penurunan risiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi, serta mengurangi risiko diabetes tipe II dan kanker.

Selain itu, manfaat lainnya adalah tulang dan otot yang lebih kuat, keseimbangan dan koordinasi yang lebih baik, mengurangi risiko jatuh, peningkatan energi, mood yang lebih baik, kesehatan mental yang lebih baik, dan tidur yang lebih nyenyak.(mg-2/mhd)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow