HUT ke 77, PMI Tulungagung Konsisten Berikan Layanan Kemanusiaan

HUT ke 77, PMI Tulungagung Konsisten Berikan Layanan Kemanusiaan
Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. Sukaji, M.Si menyerahkan piagam penghargaan bagi relawan yang dianggap berjasa kepada PMI. (dokopim for afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) – Peringatan HUT ke-77 Palang Merah lndonesia (PMI), diperingati dengan upacara bendera di SMK Negeri 1 Tulungagung pada Sabtu (24/9/2022).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. Sukaji, M.Si bertindak sebagai inpektur upacara. Dalam kesempatan tersebut, Sukaji menyerahkan piagam penghargaan bagi relawan yang dianggap berjasa kepada PMI.

Sukaji mengatakan, PMI merupakan organisasi yang dibentuk oleh pemerintah RI sebagai kelengkapan negara di bidang kemanusiaan pada 17 September 1945 atau tepat satu bulan setelah kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sesuai amanat Undang-undang tentang kepalangmerahan, PMI bertugas menjalankan berbagai kegiatan kepalangmerahan, seperti penanganan bencana, penanganan konflik, penyediaan darah yang aman dan sehat, penanganan masalah kesehatan sosial serta pendidikan, pelatihan dalam rangka pembinaan kemanusiaan generasi muda dan tugas tugas kemanusiaannya,” terangnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Kabupaten Tulungagung ini menjelaskan, sesuai dengan tema peringatan HUT PMI tahun 2022, yaitu “Terus Tebar Kebaikan”, PMI diharap dapat menjadi organisasi yang harus terus berkembang, mengikuti zaman, dan tetap menjaga konsistensi serta komitmennya untuk terus hadir di tengah masyarakat.

Selain itu, dia juga berharap kepada segenap jajaran PMI di seluruh Indonesia utamanya di Kabupaten Tulungagung untuk melaksanakan amanah dan kegiatan di PMI dengan penuh keiklahsan, profesional, transparan dan akuntabel, sehingga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat yang merupakan modal utama bagi PMI agar mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. (rra/dn)