Pemkab Blitar Terima Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Pemkab Blitar Terima Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya
Upacara Penerimaan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya di Pendopo Sasana Adi Praja Kanigoro.

Blitar, (afederasi.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar Upacara Penerimaan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Pemerintah Kota Kediri ke Pemerintah Kabupaten Blitar, Jumat (23/09/2022).

Prosesi upacara yang diselenggarakan di Pendopo Sasana Adi Praja Kanigoro tersebut dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Izul Marom dan dihadiri Forkopimda, sejumlah kepala OPD Pemkab Blitar dan tamu undangan lainnya.

Secara simbolis, Pataka Jer Basuki Mawa Beya diserahkan oleh Kepala Satpol PP Kota Kediri kepada Sekda Kabupaten Blitar untuk selanjutnya diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar.

Dalam amanatnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Izul Marom mengucapkan selamat datang kepada tim kirab Jer Basuki Mawa Beya dari Kota Kediri ke Kabupaten Blitar.

“Kehadiran Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini menambah support bagi kami untuk membawa Kabupaten Blitar yang lebih maju dan sejahtera,” harapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, Kirab Pataka dimulai dan diberangkatkan dari gedung Grahadi pada 16 September 2022 oleh Gubernur Jawa Timur dan direncanakan akan kembali ke gedung Grahadi pada 11 Oktober 2022 setelah melalui 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

“Semoga kegiatan ini akan berjalan lancar dan sukses hingga akhir kegiatan,” jelasnya.

Sambungnya, Jer Basuki Mawa Beya sendiri adalah lambang daerah Provinsi Jawa Timur mempunyai arti bahwa setiap keberhasilan memerlukan pengorbanan.

“Lambang Provinsi Jawa Timur melambangkan semangat berapi-api yang telah diwariskan oleh nenek moyang, semangat untuk membangun, berkarya bagi bangsa menuju masyarakat yang adil dan makmur, aman, tenteram, damai, murah sandang dan pangan,” katanya.

Dijelaskannya, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini merupakan persembahan dari Forum Koordinasi Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Satuan Pemadam Kebakaran dan seluruh masyarakat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dalam menyemarakkan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur tahun 2022 untuk menggelorakan semangat optimis Jatim Bangkit ke seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Pataka Jer Basuki Mawa Beya di wilayah Kabupaten Blitar bisa membawa manfaat bagi kita semua, juga dapat menggelorakan semangat Jatim Bangkit menuju Jatim Cetar, Indonesia Maju,” punkasnya. (Kmf/Adv)